Cara Daftar Prakerja Secara Online, Kamu Harus Tahu!

Gunawan

Berbicara mengenai program kartu Prakerja, tahun ini sudah mencapai pendaftaran gelombang ke-62. Hal ini disampaikan oleh akun resmi prakerja.co.id. Bagi yang daftar sebaiknya ketahui cara dan persyaratannya.

Mengetahui cara daftar Prakerja tentu sangat penting sekali. Apalagi bagi kamu belum memiliki pekerjaan atau baru saja mengalami pemutusan hubungan kerja dengan perusahaan.

Dengan dibukanya keFmbali gelombang pendaftaran Prakerja tahun ini tentu sangat dinanti-nanti banyak orang. Melalui program tersebut, masyarakat bisa meningkatkan keterampilan melalui bantuan biaya dari pemerintah.

Lalu, bagaimana cara daftar Prakerja? Untuk mengetahuinya, di kesempatan kali ini Nesaelearning.com akan memberikan tutorialnya secara mudah. Bagi kamu yang masih belum bisa melakukan pendaftaran, sebaiknya simak ulasan kami.

Apa Itu Kartu Prakerja

Sebelum menjelaskan tata cara daftar, perlu dijelaskan dulu mengenai apa itu program Prakerja. Berdasarkan situs resmi Prakerja.go.id, Kartu Prakerja dijadikan sebagai program pengembangan kompetensi kerja serta kewirausahaan bagi pencari kerja, pekerja/buruh, hingga pelaku usaha mikro dan kecil.

Adapun tujuan dari diadakannya program kartu Prakerja adalah mengembangkan kompetensi angkatan kerja, membantu tingkatkan produktivitas dan daya saing angkat kerja, serta pengembangan dalam bidang kewirausahaan.

Syarat Daftar Prakerja

Apabila kamu masuk dalam kriteria di atas, sebaiknya daftar program Prakerja di tahun ini. Namun, sebelum daftar, sebaiknya lebih dulu ketahui syaratnya. Berikut beberapa persyaratan bagi para pemohon untuk dapatkanprogram Prakerja:

  • Warga Negara Indonesia
  • Telah berusia antara 18 sampai 64 tahun
  • Sedang mencari pekerjaan, buruh terkena PHK, atau pekerja yang membutuhkan peningkatan kompetensi
  • Bukan Aparatur Negeri Sipil, pimpinan & anggota DPR, prajurit TNI, anggota Polisi Republik Indonesia, kepala desa & perangkat desa, serta direksi/komisaris/dewan pengawas di BUMN atau BUMD.
  • Maksimal dua NIK dalam 1 KK bagi penerima kartu Prakerja

Cara Daftar Kartu Prakerja Online Lewat HP

Setelah persyaratan di atas dirasa sudah lengkap, maka kamu bisa melakukan daftar Prakerja. Adapun untuk caranya dilakukan secara online serta bisa via HP. Sebelum memulai, pastikan koneksi internet di HP sedang lancar. Berikut untuk langkah-langkah daftar program Prakerja:

1. Buat Akun Di Situs Prakerja.go.id

1. Buat Akun Di Situs Prakerja.go .id
source: prakerja.go.id

Langkah pertama, kita perlu lebih dulu membuka aplikasi Google Chrome, lalu masuk ke situs Prakerja.go.id. Ketika sudah berada di halaman utama, silakan langsung masukkan email & password, lalu klik Daftar.

Setelah itu, kamu akan menerima notifikasi via email. Buka email dan lakukan verifikasi yang telah dikirim.

2. Verifikasi KTP & Mengisi Data Diri

2. Verifikasi KTP Mengisi Data Diri
source: prakerja.go.id

Langkah kedua, kita masuk ke tahapan berikutnya yakni mendaftar program Prakerja. Caranya, buka akun kemudian isilah NIK, nomor KK serta tanggal lahir, lalu klik Lanjut.

Berikutnya, isilah data diri secara lengkap dan sesuai. Ketika memasukkan alamat KTP, pastikan alamat yang dimasukkan sudah sesuai dengan kolom alamat di KTP. Tidak lupa juga nama lengkap serta nama ibu kandung perlu dimasukkan secara benar.

3. Lakukan Verifikasi Foto KTP

3. Lakukan Verifikasi Foto KTP
source: prakerja.go.id

Langkah ketiga, kita bisa lanjut ke verifikasi foto e-KTP. Untuk caranya, kamu harus mengambil foto dari HP. Saat mengunggah foto KTP, perhatikan ketentuan sudah ada supaya proses verifikasi bisa berjalan lancar. Apabila foto KTP sudah sesuai, klik Gunakan Foto.

4. Lakukan Verifikasi Foto Wajah

4. Lakukan Verifikasi Foto Wajah
source: prakerja.go.id

Langkah keempat, lanjut verifikasi foto wajah dengan cara scan (pindai wajah sambil berkedip. Usahakan kita memerhatikan ketentuan yang tercantum supaya proses verifikasi wajah bisa lancar.

Klik Scan Wajah, kemudian ikuti arahan verifikasi wajah. Pastikan atur bagian wajah supaya sesuai dengan area disediakan dan mengedipkan mata. Berikut beberapa panduan untuk verifikasi wajah:

  • Usahakan wajar terlihat dengan pencahayaan cukup, tidak buram serta tidak gelap.
  • Usahakan verifikasi wajah dengan posisi lurus atau tidak miring.
  • Pastikan area wajah terlihat jelas tanpa gunakan aksesoris seperti kacamata & masker.
  • Kedipkan mata saat verifikasi wajah.
  • Verifikasi wajah tidak perlu memperlihatkan KTP.

Ketika sudah melakukan semua panduan di atas, maka sistem akan memproses verifikasi wajah. Jika lolos tahap berikutnya, maka akan diminta untuk menjawab pertanyaan mengenai alasan ikut program Prakerja.

Setelah itu, kamu bisa mengisi pertanyaan tantang minat serta keterampilan pelatihan. Adapun pertanyaannya seperti status pekerjaan, jenis pekerjaan, jenjang pendidikan, serta keterampilan yang diminati.

5. Masukkan Kode OTP

5. Masukkan Kode OTP
source: prakerja.go.id

Langkah kelima, kamu perlu lakukan verifikasi nomor telepon. Masukkan 6 digit kode OTP yang masuk ke nomor HP. Klik Kirim OTP. Apabila salah memasukkan OTP lebih dari tiga kali, maka harus tunggu dan mencoba kembali setelah 24 jam supaya bisa menerima ulang kode OTP.

6. Isi Pernyataan Pendaftar

6. Isi Pernyataan Pendaftar
source: prakerja.go.id

Langkah keenam, ketika verifikasi nomor telepon berhasil, silakan isi Pertanyaan Pendaftar sesuai dengan kondisi kamu. Isilah hingga selesai, apabila sudah Klik Lanjut.

7. Lakukan Tes Motivasi & Kemampuan Dasar

7. Lakukan Tes Motivasi Kemampuan Dasar
source: prakerja.go.id

Langkah ketujuh, kita wajib mengikuti Tes Kemampuan Dasar atau Kemampuan Belajar. Perlu diperhatikan, soal-soal yang didapat tidak boleh disebarluaskan. Klik Lanjut jika sudah selesai mengerjakan soal.

8. Pilih Gelombang Kartu Prakerja

8. Pilih Gelombang Kartu Prakerja
source: prakerja.go.id

Langkah kedelapan, selanjutnya kita kembali harus mengikuti seleksi Gelombang. Pilih Gelombang yang ada di dashboard sesuai dengan alamat KTP, kemudian klik. Apabila sudah sesuai dengan pilihan gelombang, maka tinggal klik Gabung.

9. Setujui Persetujuan Prakerja

9. Setujui Persetujuan Prakerja
source: prakerja.go.id

Langkah kesembilan, apabila sudah mengikuti segala jenis tes, maka akan muncul Persetujuan Prakerja yang berisi pernyataan. Klik Saya Menyetujui agar bisa lanjut ke tahap berikutnya.

Setelah itu, maka pendaftaran program Prakerja selesai. Kemudian kita akan mendapatkan notifikasi kelolosan melalui SMS maupun email setelah penutupan Gelombang. Apabila belum lolos, bisa ikuti gelombang berikutnya.

Manfaat Kartu Prakerja

Ketika sudah melakukan pendaftaran program Prakerja, kamu akan menerima banyak manfaat dari program tersebut. Di mana sudah disebut di awal tadi, bahwa program Prakerja lebih pada memberikan bantuan peningkatan kompetensi kerja serta kewirausahaan pada masyarakat. Berikut beberapa manfaat bagi para peserta Prakerja:

1. Mendapat Bantuan Biaya Pelatihan

Bagi pendaftar lolos Prakerja setidaknya akan dapatkan bantuan biaya pelatihan sebesar Rp. 3.500.000. Adapun bantuannya berupa saldo nontunai yang bisa dipakai untuk mengikuti segala pelatihan di Platform digital mitra, seperti SIAPKerja.

2. Mendapat Insentif Biaya Mencari Pekerjaan

Kemudian, manfaat kedua yakni peserta akan dapatkan insentif biaya untuk mencari kerja sebesar Rp. 600.000. Biasanya bantuan insentif ini akan diberikan secara transfer ke nomor rekening bank atau e-Wallet LinkAja, OVO, DANA, atau GoPay dari penerima.

3. Mendapat Insentif Pengisian Survei Evaluasi

Manfaat ketiga bagi pendaftar lolos akan dapatkan insentif untuk pengisian survei evaluasi, yaitu sebesar Rp. 50.000 per survei. Adapan insentif ini diberikan sebagai bentuk apresiasi atas partisipasi peserta dalam mengisi survei evaluasi.

Kerugian Kartu Prakerja

Meski program program Prakerja punya manfaat, akan tetapi perlu diketahui bahwasanya program tersebut memiliki kerugian. Adapun kerugiannya sebagai berikut:

1. Susah Mendaftar

Kerugian pertama bagi para pendaftar adalah kesusahan mendaftar program Prakerja. Adapun kerugian ini merupakan salah satu keluhan paling banyak dialami oleh para pendaftar. Termasuk mengerjakan dua tes yang kiranya menyulitkan.

2. Peserta Tidak Diarahkan Ke Dunia Kerja Unggulan

Kemudian, setelah pendaftar dinyatakan lolos, pemerintah tidak memberikan informasi dunia kerja secara spesifik yang bakal didapatnya. Kiranya tempat kerja bisa menjadi harapan bagi para pendaftar Kartu Prakerja.

Tips Lolos Prakerja

Banyak dari pendaftar di tahun sebelumnya mengalami kegagalan. Hal ini disebabkan beberapa hal, mulai dari kurangnya pengisian data diri, kurang tepat mengunggah KTP, atau tidak bisa melewati tes motivasi serta kemampuan dasar. Di bawah ini, kami berikan tips agar lolos daftar Prakerja.

1. Penuhi Semua Persyaratan

Tips pertama supaya lolos pendaftaran Prakerja adalah memenuhi semua persyaratan yang sudah ditentukan oleh pemerintah. Adapun untuk syarat daftar Prakerja sudah kami sertakan di atas. Pastikan kita penuhi semua itu.

2. Pastikan Data Harus Sesuai

Tips kedua, pastikan beberapa data sudah sesuai dengan data di Dukcapil. Seperti halnya nama lengkap, nama ibu, tanggal lahir, NIK, dan lain sebagainya. Apabila memang tidak sesuai, bisa menghubungi pihak Dukcapil terdekat.

3. Pastikan Email & Nomor Telepon Aktif

Tips ketiga, pastikan email serta nomor telepon sebagai syarat daftar masih aktif. Di mana kedua narahubung tersebut dijadikan sebagai verifikasi akun program Prakerja. Jadi, cukup penting memperhatikan hal tersebut.

4. Jaringan Internet Harus Baik

Tips keempat, pada saat daftar Prakerja pastikan jaringan internet harus baik atau lancar. Dengan menjaga kondisi jaringan internet, maka proses daftar akan berjalan lancar.

5. Jawab Semua Tes dengan Benar

Tips terakhir, pada saat mengerjakan soal tes, baik itu tes motivasi maupun kemampuan dasar bisa diselesaikan dengan benar. Adapun banyak orang gagal saat daftar program Prakerja disebabkan tidak sesuai.

Berapa Kali Dapat Uang Prakerja

Setelah daftar kartu Prakerja, mungkin pertanyaan mengenai berapa kali dapatkan uang atau insentif. Seperti kita tahu, bahwasanya ada tiga jenis uang/insentif Prakerja, antara lainnya bantuan biaya pelatihan, biaya mencari pekerjaan, dan pengisian survei.

Dari tiga jenis insentif tersebut, khusus uang pengisian survei bisa didapatkan sebanyak dua kali. Sedang untuk bantuan biaya pelatihan serta mencari pekerjaan hanya diberikan satu kali. Jadi, ketika kita benar-benar menerima program pemerintah tersebut, pastikan gunakan sebaik mungkin.

Ciri Ciri Penipuan Kartu Prakerja

Semenjak dibukanya pendaftaran program program Prakerja tahun 2020 hingga sekarang ini, setidaknya kurang lebih ada 17 juta penerima manfaat program tersebut. Akan tetapi, dalam prosesnya, ada banyak bentuk penipuan mengarah pada orang-orang, lebih khususnya anak-anak muda.

Adapun ciri-ciri penipuan program Prakerja yakni menawarkan pendaftaran Prakerja offline, lalu meminta data pribadi masyarakat seperti KTP, KK, hingga NPWP. Selain itu, modus penipuan juga meminta korban mengisi formulir dalam bentuk dokumen fisik atau Google Form.

Kesimpulan

Dari beberapa informasi di atas bisa ditarik simpulan bahwasanya daftar Prakerja sangatlah mudah dilakukan. Hanya saja, dalam proses diterima atau tidaknya tergantung dari pemerintah penyedia program tersebut. Maka, pastikan semua langkah daftar bisa dilakukan dengan benar.

Kiranya itu penjelasan dari Nesaelearning.com mengenai cara daftar Prakerja di masa pendaftaran gelombang tahun ini. Semoga dengan adanya tutorial seperti di atas bisa dijadikan sebagai bahan referensi untuk dapatkan bantuan pengembangan kompetensi.

Bagikan:

Photo of author

Gunawan

Lulus S2 Bahasa Indonesia yang kini aktif mengajar sebagai dosen dan menulis berbagai informasi pendidikan serta profesi di website Nesaelearning.com.