Materi Geografi Kelas 10 Kurikulum Merdeka, Semester 1 dan 2

Gunawan

Materi Geografi Kelas 10 Kurikulum Merdeka – Memasuki jenjang berikutnya, kamu akan mempelajari berbagai mata pelajaran baru. Walaupun ada nama mapel yang sama, tingkat pemahaman materi lebih sulit.

Salah satu materi yang bakal kamu temui di kelas 10 SMA yakni Geografi. Sebuah mata pelajaran yang mempelajari persamaan dan perbedaan fenomena geosfer dengan sudut pandang kewilayahan.

Ketika kamu ingin mempelajari materi Geografi kelas 10 SMA, maka sebaiknya gunakan acuan terbaru yakni Kurikulum Merdeka. Di mana di dalamnya terdapat materi yang sesuai dengan kehidupan sehari-hari.

Agar para siswa punya pemahaman awal materi Geografi kelas 10 Kurikulum Merdeka, kami akan berikan ulasannya di artikel ini. Ulasan ini pun tidak hanya untuk siswa, namun guru juga berhak mengikuti.

Rangkuman Materi Geografi Kelas 10 Kurikulum Merdeka

Rangkuman Materi Geografi Kelas 10 Kurikulum Merdeka

Ketika kita mempelajari materi Geografi, maka akan dapatkan manfaat yang besar. Adapun manfaatnya membantu kita memahami sistem kehidupan di sekitar. Contohnya adalah bisa memprediksi bencana yang akan datang serta bisa mengantisipasi.

Pada materi Geografi kelas 10 Kurikulum Merdeka, setidaknya akan belajar tiga materi pokok dalam dua semester. Antara lainnya karakter lapisan atmosfer bumi, klasifikasi iklim, pola iklim global, dan pengaruhnya, serta karakteristik iklim di Indonesia.

Baca juga: 2 Materi Fiqih Kelas 10 Semester 2 Lengkap dan Download PDF

Agar kamu bisa memahami ketiga materi di atas, kami akan bantu buatkan rangkuman. Berikut rangkuman seluruh materi Geografi kelas 10 semester 1 dan 2 SMA:

Karakter Lapisan Atmosfer Bumi

Bagi kehidupan manusia, atmosfer menjadi perihal penting. Tanpa atmosfer, maka seluruh manusia, hewan, hingga tumbuhan tidak bisa bertahan hidup. Seperti contoh, manusia bisa bertahan sampai satu hari tanpa air di daerah gurun yang paling panas, akan tetapi tidak bisa hidup hidup tanpa atmosfer.

Atmosfer memiliki fungsi sebagai pelindung kehidupan di bumi dari radiasi matahari sangat panas serta menghilangkan panas ke ruang angkasa. Tidak hanya itu, atmosfer juga menjadi penghalang bagi bergeraknya benda langit yang melintas menuju ke bumi.

Dari beberapa keterangan di atas, bisa diartikan bahwa atmosfer yakni selubung uap yang menyelimuti bumi. Adapun sifat-sifat dari atmosfer antara lain sebagai berikut:

  • Tidak berwarna
  • Tidak bau
  • Tidak bisa dirasakan kecuali dalam bentuk angin
  • Dinamis dan elastis
  • Transparan terhadap bentuk-bentuk radiasi
  • Memiliki massa sehingga bisa timbul tekanan

Lalu, atmosfer terdiri dari beberapa lapisan yang masing-masing punya peran penting. Berikut beberapa lapisan pada atmosfer:

  • Torposfer
  • Stratosfer
  • Mesosfer
  • Termosfer
  • Eksosfer

Klasifikasi Iklim, Pola Iklim Global, dan Pengaruhnya

Di ilmu geografi, iklim diartikan sebagai keadaan cuaca rata-rata dalam waktu satu tahun yang pengamatannya dilakukan dalam waktu sangat lama. Ragam iklim di daerah di bumi ini ditentukan oleh beberapa gabungan proses atmosfer berbeda.

Ada banyak sekali klasifikasi iklim di dunia ini, antara lainnya di bawah ini:

  • Klasifikasi iklim matahari
  • Klasifikasi iklim W. Koppen
  • Klasifikasi iklim Fisis
  • Klasifikasi iklim Junghuhn
  • Klasifikasi iklim Global

Dari berbagai klasifikasi iklim di atas, terjadi peristiwa perubahan iklim global. Hal ini diartikan sebagai suatu perubahan unsur-unsur iklim yang punya kecenderungan naik atau turun secara nyata.

Setidaknya ada faktor yang membuat terjadinya perubahan iklim global, salah satunya akibat aktivitas manusia yakni dengan dibuatnya rumah kaca. Ketika hal tersebut dilakukan terus menerus maka akan berdampak pada:

  • Mencairnya bongkahan es di kutub dan menyebabkan permukaan laut naik.
  • Air laut naik bisa menenggelamkan pulau serta menghalangi air sungat ke laut.
  • Suhu bumi panas menyebabkan air permukaan mengering.
  • Meningkatnya resiko kebakaran hutan.
  • Mengakibatkan El Nino dan La Nina.
  • Terjadinya perubahan di cuaca serta iklim.

Karakteristik Iklim di Indonesia

Iklim Indonesia secara umum dapat digambarkan sebagai iklim tropis yang dipengaruhi oleh faktor geografis, topografi, dan lautan di sekitarnya. beberapa karakteristik umum tentang kondisi iklim di Indonesia meliputi musim, curah hujan, suhu, perubahan iklim, dan lain sebagainya.

Dengan kondisi iklimnya yang khas, Indonesia harus memperhatikan mitigasi dan adaptasi terhadap perubahan iklim untuk melindungi lingkungan dan kesejahteraan masyarakatnya.

Dari ragamnya karakteristik iklim di Indonesia, menjadikan pengaruh yang sangat besar. Cuaca dan iklim adalah satu faktor alam yang penting bagi kehidupan manusia. Contohnya bisa dimanfaatkan bagi sektor perkebunan, pertanian, dan transportasi.

Di sektor pertanian, misalnya dengan curah hujan cukup, suhu ideal, dan pola musim stabil bisa mendukung pertumbuhan tanaman serta produksi hasil pertanian yang baik. Akan tetapi, kekurangan hujan atau cuaca ekstrem seperti banjir atau kekeringan dapat merusak tanaman dan mengganggu pasokan makanan.

Download Buku Materi Geografi Kelas 10 Kurikulum Merdeka PDF

Ketika sudah dapatkan ketiga rangkuman materi Geografi kelas 10, tentu ada sedikit pemahaman yang didapat. Dari rangkuman di atas setidaknya bisa membantu siswa bisa mengenal materi yang akan dipelajari.

Supaya siswa dan guru lebih mudah mempelajari materi Geografi kelas 10 Kurikulum Merdeka secara tuntas, di bawah ini kami sediakan buku materi dalam bentuk file PDF. Pastinya file buku bisa didownload secara mudah.

Kesimpulan

Dari semua ulasan di atas, bisa disimpulkan bahwa terdapat tiga materi pokok di mata pelajaran Geografi kelas sepuluh Kurikulum Merdeka. Meskipun hanya memuat tiga materi dalam dua semester sekaligus, namun para siswa dan guru bisa lebih baik memahami materi Geografi.

Kurang lebih itu dari kami mengenai materi Geografi kelas 10 Kurikulum Merdeka. Semoga dengan adanya artikel ini para siswa dan guru terbantu untuk dapatkan bahan belajar untuk dipelajari di kelas.

Bagikan:

Photo of author

Gunawan

Lulus S2 Bahasa Indonesia yang kini aktif mengajar sebagai dosen dan menulis berbagai informasi pendidikan serta profesi di website Nesaelearning.com.