Gaji Tukang Ganti Ban di Formula F1, Milyaran Rupiah!

Adit Gunawan

Menjadi seorang kru di salah satu tim di balapan Formula F1 tentu menjadi kebanggaan tersendiri. Selain bisa keliling dunia, untuk gaji setiap kru juga sangat fantastis. Salah satu bagian kru di tim balapan Formula F1 adalah tukang ganti.

Meskipun hanya sebagai tukang ganti ban di salah satu tim balapan Formula F1, nyatanya besaran gaji yang diberikan tidak main-main. Apalagi tanggung jawab pekerjaan tersebut sangat penting.

Setiap tukang ganti ban harus mengerti jenis-jenis ban yang digunakan pada kendaraan Formula F1. Selain itu, juga harus tahu kapan waktunya kendaraan ganti ban saat balapan berlangsung.

Lalu berapakah besaran gaji seorang tukang ganti ban di balapan Internasional Formula F1? Untuk mengetahui kepastiannya, kami akan mencoba memberikan ulasan lengkap untuk kamu. Kiranya bisa dijadikan sebagai bahan bacaan menarik.

Istilah Tukang Ganti Ban Formula F1

Istilah Tukang Ganti Ban Formula F1
source image: isports.id

Sebelumnya, sudah dijelaskan sedikit tentang tukang ganti ban Formula F1, bahwasanya seseorang yang punya peran penting dalam kendaraan yakni ban. Akan tetapi, perlu diketahui juga pekerjaan tersebut punya istilah lain dalam bahasa Inggris yakni Pit Stop Man.

Istilah tersebut diambil dari kata Pit Stop yang berarti tempat pemberhentian kendaraan balap saat balapan berlangsung. Adanya tempat tersebut tidak lain untuk mengisi bahan bakar, penggantian pembalap, perbaikan, penyesuaian mekanis, hingga menjalani hukuman.

Di dalam Pit Stop Man, ada banyak sekali kru yang bertugas untuk pengganti ban kendaraan Formula F1. Setidaknya ada sekitar 10 kru yang di mana punya tugas berbeda-beda. Mulai dari Fire Extinguisher Man, Stabilizer Man, Jack Man, Tire Carriers, hingga Tire Changes.

Daftar Gaji Tukang Ganti Ban di Formula F1

Daftar Gaji Tukang Ganti Ban di Formula F1
source image: cintamobil.com

Setelah mengetahui istilah tukang ganti ban di Formula F1, selanjutnya kita akan bahas besaran gaji. Adapun besaran gaji sendiri berbeda-beda setiap krunya. Selain itu, setiap tim balapan Formula F1 juga punya ketentuan sendiri-sendiri.

Nah, di bawah ini kami telah membuat rincian gaji tukang ganti ban di Formula F1 secara umum. Bagi kamu yang tertarik menjadi Pit Shop Man, bisa baca ulasan di bawah ini hingga selesai.

1. Fire Extinguisher Man

1. Fire Extinguisher Man
source image: the-race.com

Tugas seorang Fire Extinguisher adalah memadamkan api saat terjadi insiden di Pit yang menyebabkan terjadinya kebakaran. Karena memiliki pekerjaan yang jarang, maka orang yang menjadi kru tersebut mendapatkan gaji paling rendah dibanding dengan kru lainnya.

Adapun untuk gajinya sekitar 500$ atau setara dengan Rp. 7.800.000 per race. Dalam setahun, mereka akan digaji 30.000$ atau setara dengan Rp. 468.000.000. Selain gaji tersebut, seorang Fire Extinguisher Man juga biasanya akan mendapatkan bonus sekitar Rp. 3.900.000.

2. Stabilizer Man

2. Stabilizer Man
source image: motorsport.com

Kemudian, untuk kru berikutnya yakni Stabilizer Man. Sebuah kru yang bertugas memastikan mobil balap benar-benar stabil. Peran kru tersebut sangat penting, karena jika ada kesalahan maka mobil akan jatuh bahkan bisa membahayakan pembalap.

Gaji Stabilizer Man di Pit Stop setiap racenya yakni sekitar 2.500$ atau setara Rp. 39.000.000. Sedangkan setiap tahunnya akan mendapatkan 90.000$ setara dengan Rp. 1.400.000.000. Seorang Stabilizer Man juga akan mendapatkan bonus sekitar Rp. 3.900.000.

3. Wing Man

3. Wing Man
source image: f1-grandprix.com

Kru tukan ganti ban Formula F1 selanjutnya adalah Wing Man. Kru tersebut bertugas mengatur sudut sayap depan saat mengganti ban. Dalam Wing Man terdapat dua orang yang bertugas untuk mengatur kanan serta kiri sayap pada mobil balap.

Sebagai kru yang membantu pengganti ban akan mendapatkan gaji sekitar 3.000 di setiap race atau jika dirupiahkan adalah Rp. 46.000.000. Jika ditotalkan dalam setahun Wing Man akan mendapatkan Rp. 2.300.000.000. Sedangkan bonusnya sebesar Rp. 7.800.000.

4. Jack Man

4. Jack Man
source image: eurosport.com

Lalu, kru dalam tukang ganti ban berikutnya adalah Jack Man. Kru tersebut bertugas mendongkrak mobil saat masuk Pit Stop. Biasanya ada dua Jack Man dalam satu tim. Adapun cara mengdongkrak mobil biasanya menggunakan tuas sebagai pengangkat dan penurun kendaraan.

Karena tanggung jawabnya besar, Jack Man diberi gaji sekitar 3.000$, jika dirupiahkan maka jumlah Rp. 46.000.000 per race. Ditotal dalam setahun yakni Rp. 2.300.000.000. Tidak hanya itu, bonus yang mereka terima sekitar Rp. 7.800.000.

5. Tire Carriers

5. Tire Carriers
source image: theathletic.com

Tire Carries merupakan salah satu kru saat mobil berada di Pit Stop bertugas sebagai pembawa ban. Kru tersebut tentu sangat penting agar proses pergantian ban bisa berjalan dengan cepat dan pembalap bisa kembali lagi ke arena pertandingan.

Seorang Tire Carriers biasanya akan digaji sebanyak 3.500$ atau setara dengan Rp. 54.000.000/race. Dalam setahun, mereka bisa membawa uang sekitar Rp. 4.200.000.000. Ditambah lagi untuk bonusnya yakni sebesar Rp. 39.000.000.

6. Tire Changes

6. Tire Changes
source image: axleaddict.com

Selanjutnya adalah Tire Changes. Adapun tugas seorang Tire Changes yakni melepas ban lama dan memasang ban baru. Dalam Pit Stop, peran tersebut paling penting, sebab mereka tidak boleh melakukan kesalahan sekecil mungkin. Apabila melakukan kesalahan, maka akan berakibat fatal bagi pembalap.

Karena Tire Changes punya tanggung jawab besar, maka mereka mendapatkan gaji sangat tinggi. Di mana besaran gajinya sekitar 5.000$. Jika dirupiahkan maka Rp. 82.000.000. Dalam setahunnya, Tire Changes mendapatkan gaji Rp. 5.400.000.000. Sedangkan bonusnya sebesar Rp. 39.000.000.

Nah, itulah beberapa gaji tukang ganti ban Formula F1 berdasarkan tugasnya. Dengan besaran gaji di atas tentu sangat menggiurkan. Namun, perlu diketahui bahwa untuk mendapatkan pekerjaan tukang ganti ban Formula F1. Sebaiknya kamu ketahui syarat-syaratnya.

Syarat Menjadi Tukang Ganti Ban di Formula F1

Syarat Menjadi Tukang Ganti Ban di Formula F1
source image: nytimes.com

Ketika sudah mengetahui gaji seorang Pit Stop Man di atas, tentu di benak kamu ada keinginan memiliki pekerjaan tersebut. Dengan gaji setiap tahunnya milayaran rupiah pasti semua orang menginginkan hal itu.

Namun, perlu kamu ketahui untuk menjadi tukang ganti ban di Formula F1 tidaklah mudah. Kita harus memiliki banyak kemampuan untuk melewati beberapa kualifikasinya. Berikut beberapa syarat menjadi tukang ganti ban di Formula F1.

  • Ahli dalam bidang otomotif
  • Memiliki pengalaman kerja di dunia balap
  • Siap bekerja di bawah tekanan
  • Siap berpergian selama sebulan

Dari beberapa syarat di atas, proses pemilihan kru di tukang ganti ban Formula F1 adalah hak dari setiap tim. Maka dari itu, perbanyak pengalaman lebih dulu di dunia balap, tidak harus di Formula F1.

Kesimpulan

Dari semua penjelasan di atas, bisa kita simpulkan bahwa gaji tukang ganti ban di Formula F1 sangat tinggi. Bagian Refuelling Person menjadi kru di Pit Stop yang paling tinggi. Sedangkan syarat menjadi tukang ganti ban di salah satu tim balapan Formula F1 tidaklah mudah. Kita harus melewati banyak seleksi.

Kiranya itu ulasan dari kami mengenai gaji tukang ganti ban di balapan Formula F1. Semoga dengan adanya ulasan ini bisa dijadikan sebagai sumber bacaan menarik dan bisa menjadi rekomendasi pekerjaan di waktu yang akan datang.

Bagikan:

Adit Gunawan

Lulus S2 Bahasa Indonesia yang kini aktif mengajar sebagai dosen dan menulis berbagai informasi pendidikan serta profesi di website Nesaelearning.com.