12 Universitas Kedokteran Hewan Terbaik di Indonesia 2024

Adit Gunawan

Di Indonesia telah tersedia cukup banyak universitas dengan fakultas Kedokteran Hewan yang memiliki kualitas terbaik. Masing-masing perguruan tinggi tersebut letaknya berada di kota-kota besar Tanah Air.

Beberapa universitas fakultas Kedokteran Hewan unggulan ini masuk ke dalam daftar kampus terbaik di Indonesia versi uniRank. Namun pada dasarnya setiap perguruan tinggi ini menyediakan materi ataupun metode pembelajaran tidak jauh berbeda.

Universitas kedokteran hewan terbaik di Indonesia menyediakan mata kuliah seperti kimia, biologi, fisika, biokimia umum, histologi veteriner, fisiologi, mikrobiologi medis penyakit infeksi hingga ilmu kesehatan masyarakat.

Adapun kami telah merangkum sejumlah rekomendasi universitas fakultas Kedokteran Hewan terbaik di Indonesia. Untuk mengetahui lebih lengkap terkait hal itu, silakan simak ulasan di bawah ini.

Universitas Kedokteran Hewan Terbaik di Indonesia

Ingin berkuliah pada fakultas Kedokteran Hewan? Tentunya kamu perlu mengetahui daftar universitas terbaik di Indonesia yang menyediakan prodi ini. Dengan memilih perguruan tinggi unggulan, maka nantinya akan memiliki pengaruh positif terhadap karir seseorang dalam bidang tersebut.

Namun di Indonesia sendiri sebenarnya terdapat banyak pilihan universitas dengan fakultas Kedokteran Hewan terbaik. Meskipun begitu setiap perguruan tinggi memiliki perbedaan pada penerapan metode pembelajaran. Oleh karena itu sebaiknya kamu bisa memilih universitas fakultas Kedokteran Hewan berdasarkan kecocokan pada diri sendiri.

1. Universitas Gadjah Mada

Universitas Gadjah Mada
Source: rejogja.republika.co.id

FKH Universitas Gadjah Mada mempunyai misi untuk menjadi fakultas Kedokteran Hewan terbaik di Indonesia ataupun internasional. UGM selalu mengedepankan profesionalisme di dalam meningkatkan kesejahteraan melalui bidang veteriner.

Oleh karena itu Universitas Gadjah Mada kerap menjadi pilihan bagi mahasiswa di mana hendak masuk ke fakultas Kedokteran Hewan. Hingga saat ini fakultas Kedokteran Hewan UGM mengelola beberapa program studi.

Prodi Kedokteran Hewan di UGM meliputi Studi Sarjana Kedokteran (SKH), Program Studi Profesi Dokter Hewan (PPDH), Program Studi S2 Veteriner hingga Program Studi S3 Ilmu Sain Veteriner. Setiap prodi pada Kedokteran Hewan memiliki biaya kuliah berbeda-beda.

2. Universitas Udayana

Universitas Udayana Kedokteran Hewan Terbaik di Indonesia
Source: bali.antaranews.com

Rekomendasi perguruan tinggi terbaik di Tanah Air di mana menyediakan fakultas Kedokteran Hewan adalah Universitas Udayana. Hingga kini UNUD menjadi salah satu pilihan bagi mahasiswa di mana ingin menjadi seorang dokter hewan.

Kedokteran hewan di Universitas Udayana sudah tersedia sejak tahun 1962 dalam bentuk Fakultas Kedokteran Hewan dan Peternakan (FKHP). Proses pendidikan Kedokteran Hewan di Universitas Udayana yakni melalui jenjang pendidikan akademik dengan masa studi 8 semester serta 152 SKS.

Kemudian adapun jenjang profesi selama 12 sampai 15 bulan, 31 SKS. Kedua jenjangnya tidak bisa dipisahkan lantaran hasil akhir pendidikan adalah dokter hewan. Biaya kuliahnya mulai dari Rp 500.000Rp 7.500.000.

3. Universitas Padjadjaran

Universitas Padjadjaran Kedokteran Hewan Terbaik di Indonesia
Source: unpaders.id

Unpad menjadi salah satu perguruan tinggi yang menyediakan fakultas Kedokteran Hewan terbaik di Indonesia. Universitas ini memiliki visi untuk bisa menghasilkan lulusan seorang dokter hewan yang berkompetensi kesehatan masyarakat veteriner berbasis IPTEK serta Biomedis.

Dalam rangka mewujudkan visinya, Universitas Padjadjaran memberi berbagai kebutuhan fasilitas pendidikan untuk fakultas Kedokteran Hewan. Oleh karena itu Unpad seringkali dipilih oleh seorang mahasiswa baru di mana hendak berkuliah di FKH. Adapun biaya kuliahnya dapat berkisaran antara Rp 3.500.000 hingga Rp 24.000.000.

4. Institut Pertanian Bogor

Institut Pertanian Bogor
Source: republika.co.id

Bagi mahasiswa Kedokteran Hewan di Institut Pertanian Bogor hanya menempuh masa studi selama 4 tahun. IPB menerapkan kurikulum pada fakultas tersebut terdiri dari profesi serta pendidikan akademik.

Kedokteran Hewan di Institut Pertanian Bogor termasuk ke dalam daftar fakultas terbaik di Indonesia. Pendidikan akademik atau sarjana Kedokteran Hewan di Institut Pertanian Bogor membutuhkan waktu 8 semester dengan jumlah 158 SKS.

Bagi mahasiswa lulusan kurikulum pendidikan pendidikan akan mendapat gelar SKH (Sarjana Kedokteran Hewan). Sedangkan guna memperoleh Drh (Dokter Hewan), lulusan akademik perlu menempuh pendidikan profesi dalam jangka waktu 18 bulan serta jumlah SKS 37.

5. Universitas Airlangga

Universitas Airlangga
Source: independenmedia.id

Perguruan tinggi dengan fakultas Kedokteran Hewan terbaik di Indonesia selanjutnya adalah Unair. Sistem pendidikan FKH di Universitas Airlangga di bawah naungan Airlangga Integrated Management System (AIMS).

Selain itu juga fakultas Kedokteran Hewan di Airlangga sudah mendapatkan sertifikat seperti ASIIN, AUN, FAO hingga KAN guna sejumlah fasilitas laboratorium. FKH Unair pun memiliki rumah sakit hewan terbesar serta terbaik di Indonesia untuk mendukung kegiatan pembelajaran lebih efektif.

6. Universitas Indonesia

Universitas Indonesia
Source: Wikipedia

Rekomendasi berikutnya perguruan tinggi di mana memiliki fakultas Kedokteran Hewan terbaik di Tanah Air adalah Universitas Indonesia. FKH di universitas tersebut merupakan jurusan kedokteran pertama serta tertua di Indonesia.

Dengan nilai sejarah berdirinya, tak heran jika UI menjadi salah satu universitas dengan fakultas Kedokteran Hewan selalu diminati oleh mahasiswa baru. FKH di Universitas Indonesia menduduki peringkat 251 – 300 di QS WUR by Subject 2021.

Namun jika kamu berminat melanjutkan pendidikan di Universitas Indonesia fakultas Kedokteran Hewan, maka perlu membayarkan biaya kuliah yang relatif murah. Estimasi biayanya di angka kisaran Rp 500.000Rp 20.000.000.

7. Universitas Syiah Kuala

Universitas Syiah Kuala
Source: bachelorstudies.co.id

Perguruan tinggi dengan fakultas Kedokteran Hewan unggulan di Indonesia selanjutnya adalah Universitas Syiah Kuala. Selain itu juga FK di Unsyiah termasuk sebagai salah satu fakultas tertua di Tanah Air.

Jadi kualitas pendidikan Kedokteran di Universitas Syiah Kuala tak perlu diragukan lagi, karena memiliki kualitas terbaik. Sebagai penyedia FKH terbaik di Indonesia, Universitas Syiah Kuala menyediakan berbagai fasilitas penunjang kegiatan belajar mahasiswa.

Fasilitasnya meliputi UPT Hewan Coba, Rumah Sakit Hewan Pendidikan, Pelayanan Riset Biomolekuler, Pelayanan Riset Biomedik, pelayanan hewan Laboratorium hingga Teach and Production Farm Boiler.

8. Universitas Diponegoro

Universitas Diponegoro
Source: UNDIP.ac

Universitas Diponegoro menyediakan fakultas Kedokteran Hewan yang memiliki akreditasi A. Namun daya tampung jurusan Kedokteran di Undip tersedia dalam jumlah cukup sedikit. Oleh karena itu persaingan masuk Kedokteran Hewan Universitas Diponegoro terbilang sangat ketat.

Peminat fakultas Kedokteran Hewan di Universitas Diponegoro jumlahnya dapat mencapai ribuan orang. Mengingat FKH di kampus tersebut telah mencetak prestasi pada tingkat internasional. Biaya kuliah Kedokteran Hewan Universitas Diponegoro mencapai kisaran angka Rp 6.175.000Rp 24.700.000.

9. Universitas Wijaya Kusuma Surabaya

Universitas Wijaya Kusuma Surabaya
Source: bgnrarchitects.com

Rekomendasi perguruan tinggi Kedokteran Hewan terbaik di Indonesia selanjutnya datang dari swasta, yakni Universitas Wijaya Kusuma Surabaya. UWKS mempunyai visi guna menjadi institusi di mana menghasilkan lulusan di bidang tersebut dengan sikap profesional serta unggul pada perkembangan IPTEK.

Selain itu pun lulusan FKH Universitas Wijaya Kusuma Surabaya dituntut agar berjiwa entrepreneur, mengembangkan studi hewan eksotik hingga berdaya saing pada tingkat nasional ataupun internasional. Apabila kamu hendak berkuliah Kedokteran Hewan di UWKS, maka perlu membayarkan biaya sebesar Rp 8.400.000Rp 30.000.000.

10. Universitas Hasanuddin

Universitas Hasanuddin
Source: UNHAS.ac

Universitas Hasanuddin memiliki fakultas Kedokteran Hewan yang sudah mendapatkan akreditasi A. FKH di Unhas menjadi pilihan favorit bagi mahasiswa baru di kota Makassar. Pasalnya Universitas Hasanuddin memberikan fasilitas lengkap untuk Kedokteran Hewan.

Para mahasiswa Universitas Hasanuddin fakultas Kedokteran Hewan akan mempelajari pencegahan penyakit serta pengobatan untuk hewan ternak ataupun peliharaan. Biaya kuliah di FKH Unhas dapat mencapai besaran angka Rp 500.000 sampai Rp 10.500.000.

11. Universitas Brawijaya

Universitas Brawijaya Fakultas Kedokteran Hewan Terbaik di Indonesia
Source: idntimes.com

Meski Universitas Brawijaya baru menyelenggarakan program Kedokteran Hewan pada tahun 2008/2009, tetapi saat ini telah masuk ke daftar fakultas terbaik di Indonesia. Hal itu dikarenakan UB memiliki tujuan utama guna menghasilkan lulusan di mana bisa menjadi seorang dokter hewan sesuai kompetensi.

Sebagai bentuk keseriusannya dalam menciptakan SDM dokter hewan yang unggul, Universitas Brawijaya membangun Rumah Sakit Hewan Pendidikan (RSHP) pertama di kota Malang. Dengan ketersediaan fasilitas lengkap, membuat Kedokteran Hewan di UB banyak diminati oleh mahasiswa baru. Namun untuk biaya kuliah FKH Universitas Brawijaya ada pada kisaran Rp 500.000Rp 15.000.000.

12. Universitas Nusa Cendana

Universitas Nusa Cendana 1
Source: undana.ac.id

Didirikan pada tahun 2010, kini Kedokteran Hewan Nusa Cendana masuk ke dalam daftar salah satu fakultas terbaik di Indonesia. Undana berkomitmen guna menghasilkan lulusan unggulan di mana berkualitas maupun berkompeten menjadi seorang dokter hewan di Indonesia.

Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Nusa Cendana mengusung pusat pengembangan IPTEK dan penghasil sumber daya manusia profesional serta mandiri. Biaya kuliah di FKH Undana kisaran antara Rp 500.000Rp 12.500.000.

Kesimpulan

Mungkin itu saja pembahasan mengenai universitas Kedokteran Hewan terbaik di Indonesia. Demikianlah ulasan singkat ini, semoga dapat memberi referensi bagi kamu yang hendak berkuliah pada fakultas tersebut.

Bagikan:

Adit Gunawan

Lulus S2 Bahasa Indonesia yang kini aktif mengajar sebagai dosen dan menulis berbagai informasi pendidikan serta profesi di website Nesaelearning.com.