14 Universitas Pertanian Terbaik di Dunia 2024

Adit Gunawan

Ternyata universitas pertanian terbaik di dunia tidak hanya berada pada kawasan negara agraris saja. Tetapi, ada juga beberapa negara maju mempunyai kampus dengan program studi unggulan jurusan pertanian.

Banyak universitas pertanian yang mampu mencetak generasi muda menjadi profesional di bidang pertanian dunia. Salah satunya adalah Wageningen University & Research, di mana fokus terhadap resep ilmiah serta masalah komersial ilmu alam.

Namun sebelum mendaftar ke universitas pertanian terbaik itu, ada baiknya kalian melakukan riset mengenai latar belakang, program gelar dan biaya kuliahnya. Tujuannya, dapat memilih perguruan tinggi di bidang pertanian serta mengemat anggaran masuk.

Apabila kalian tertarik melanjutkan kuliah ke luar negeri khususnya jurusan pertanian, maka ada beberapa pilihan perguruan tinggi berkualitas. Agar lebih jelas, mengenai universitas pertanian terbaik di dunia simak pembahasan Nesaelearning di bawah ini.

Rekomendasi Universitas Pertanian Terbaik di Dunia

Kampus terbaik di dunia khususnya jurusan pertanian tidak hanya berada di kawasan negara agraris saja. Adapun beberapa yang berada di negara maju dengan menawarkan program gelar serta pengajar berkualitas.

Beberapa di antaranya juga menawarkan peluang beasiswa bagi mahasiswa internasional berbakat. Akan tetapi, beasiswa universitas pertanian luar negeri berlaku untuk program gelar S2/Master.

Mengingat jurusan pertanian mempunyai peluang kerja yang cukup luas, sampai saat ini fakultas tersebut masih memiliki banyak peminat. Rekomendasi universitas terbaik di dunia antara lain:

1. Wageningen University & Research

Wageningen University Research
Source Image: Wikipedia

Rekomendasi pertama universitas pertanian terbaik di dunia yakni Wageningen University & Research. Kampus ini populer di Belanda karena memiliki program studi pertanian, peternakan dan juga biologi.

Biaya kuliah di Wageningen University & Research untuk non uni eropa berkisar antara, Rp318.000.000 sampai Rp334.000.000. Adapun beasiswa yang ditawarkan kampus ini untuk mahasiswa berbakat internasional meliputi beasiswa Orange Tulip Scholar Ship, StuNed dan LPDP.

2. University of California Davis

University of California Davis
Source Image: Collegevine

University of California Davis atau bisa dikenal singkatan UC Davis bisa menjadi pilihan untuk melanjutkan pendidikan khususnya bidang pertanian. Karena kampus ini menyediakan beberapa jurusan terbaik meliputi pertanian, kehutanan dan peternakan.

Biaya kuliah di University of California Davis cukup mahal yakni sebesar Rp687.000.000. Akan tetapi, bagi pelajar berbakat asal Indonesia terdapat beberapa beasiswa yang dapat diajukan seperti LPDP, Fulbright.

3. Swedish University of Agricultural Sciences

Swedish University of Agricultural Sciences
Source Image: MCI

Swedish University of Agricultural Sciences merupakan salah satu universitas terbaik di dunia khususnya di bidang pertanian. Terdapat beberapa fakultas di antaranya Faculty of Natural Resources & Agricultural Sciences, Faculty of Landscape Planning, Faculty of Sciens dan Faculty of Veterinary Medical & Animal Science.

Biaya kuliah di Swedish University of Agricultural Sciences senilai Rp347.000.000 hingga Rp460.000.000. Adapun beberapa beasiswa untuk program sarjana hutan dan lanskap untuk semua program gelar SLU master, kecuali AFEPA, Outdoor Environments for Health & Well-being, Eramus, EnvEuro serta Mundus programme Plant Biology.

4. Cornell University

Cornell University
Source Image: All-Inedu

Cornell University merupakan universitas swasta terbaik di dunia, lebih tepatnya di Ithaca, New York, Amerika Serikat. Kampus ini menyediakan pendidikan berkualitas bagi mahasiswa sarjana, pascasarjana dan profesional.

Selain pertanian, perguruan tinggi tersebut juga menyediakan beberapa jurusan seperti ilmu hayati, atmosfer, rekayasa biologi, biometri dan statistik. Perkiraan biaya kuliah di Cornell University sebesar Rp907.965.828.

Namun Cornell University menyediakan program beasiswa bagi mahasiswa berbakat internasional meliputi Tata Scholarship, Knight-Hennessy Scholars dan Cornell University Presidential Postdoctoral Fellowship. Untuk mendapatkannya terdapat beberapa syarat seperti kewarganegaraan negara berkembang, kinerja akademik serta kebutuhan finansial.

5. Purdue University

Purdue University
Source Image: Purdue

Purdue University adalah salah satu universitas pertanian terbaik di dunia, terletak di West Lafayette, Indiana, Amerika Serikat. Kampus ini menawarkan jenjang pendidikan mulai dari sarjana, pascasarjana serta program profesional ilmu pertanian.

Biaya kuliah di Purdue University untuk mahasiswa luar Indiana sebesar Rp224.000.000, adapun 71% dari mahasiswa akan menerima beasiswa dengan jumlah bantuan senilai Rp87.000.000. Program beasiswa universitas tersebut antara lain Fulbright, LPDP serta Purdue University International Merit Scholarships.

6. Norwegian University of Life Sciences

Norwegian University of Life Sciences
Source Image: Visitnorway

Rekomendasi universitas pertanian terbaik di dunia selanjutnya yaitu, Norwegian University of Life Sciences yang berlokasi di Ås, Norwegia. Menyediakan beberapa program gelar seperti sarjana, master dan pendidikan guru.

Biaya kuliah pertanian di Norwegian University of Life Sciences berkisar antara Rp870.000.000. Meskipun mahal, kalian juga bisa mengajukan beberapa beasiswa seperti Quota, Norad, Stavanger University Fund dan Human Rights.

7. Ghent University

Ghent University
Source Image: Ugent

Ghent University adalah universitas pertanian terbaik di dunia, lebih tepatnya terletak di Ghent, Belgia. Perguruan tinggi tersebut, menawarkan pendidikan berkualitas, penelitian inovatif dan kontribusi terhadap pengembangan masyarakat global, tak terkecuali bidang pertanian.

Biaya kuliah pertanian di Ghent University rata-rata berkisar antara Rp240.000.000 hingga Rp349.000.000. Universitas ini juga menawarkan beasiswa bagi pelajar berbakat asal Indonesia di antaranya Ghent Universit Top-up Grants, Eramus+ serta VLIR-UOS.

8. ETH Zurich Swiss Federal Institute of Technology

ETH Zurich Swiss Federal Institute of Technology
Source Image: WUR

ETH Zurich Swiss Federal Institute of Technology salah satu bagian dari universitas terbaik di dunia. Di mana, menawarkan program studi dalam bidang ilmu pengetahuan, teknologi dan teknik.

Perkiraan biaya kuliah di ETH Zurich Swiss Federal Institute of Technology untuk S1/S2 berkisar mulai dari Rp180.000.000 per tahun. Sedangkan untuk program PhD/S3 sebesar Rp255.000.000 per tahun.

Adapun beasiswa yang ditawarkan ETH Zurich Swiss Federal Institute of Technology untuk program gelar pertanian S2. Meliputi ETH-D Scholarship dan Exellence Scholarship & Opportunity Programme.

9. Iowa State University

Iowa State University
Source Image: Appily

Iowa State University menjadi bagian dalam daftar universitas terbaik di dunia khususnya, program sarjana di bidang pertanian dan teknik biosistem. Kampus ini berlokasi si Ames, Iowa, Amerika Serikat.

Biaya pendidikan jurusan pertanian di Iowa State University mulai dari Rp193.000.000 sampai Rp705.000.000. Adapun pertimbangan bagi siswa internasional tahun pertama, di mana bisa menerima beasiswa prestasi dalam jumlah terbatas seperti Merit Internasional.

10. University of Wisconsin-Madison

University of Wisconsin Madison
Source Image: News.Wisc

University of Wisconsin-Madison salah satu universitas negeri pertanian terbaik di dunia, lebih tepatnya di Madison, Wisconsin, Amerika Serikat. Kampus ini sering juga disebut rumah bagi gelar bidang ilmu tanah dan lingkungan.

Untuk mahasiswa domestik biaya kuliah pertanian di University of Wisconsin-Madison berkisar antara Rp598.000.000 sampai Rp615.000.000. Adapun bantuan berupa beasiswa King-Morgridge yang bisa didapatkan mahasiswa terpilih.

11. China Agricultural University

China Agricultural University
Source Image: CGTN

Rekomendasi universitas pertanian terbaik di dunia berikutnya adalah China Agricultural University. Kampus negeri tersebut berlokasi di Beijing, Tiongkok dan berafilliasi dengan kementerian Pendidikan Tiongkok dalam pertanian.

Untuk menempuh program S1/S2 di China Agricultural University perlu mengeluarkan biaya berkisar Rp56.000.000 sampai Rp76.000.000. Sedangkan doctoral/PhD senilai kurang lebih Rp65.000.000.

Sebagai salah satu universitas pertanian terbaik di dunia, China Agricultural University juga menawarkan berbagai peluang beasiswa salah satunya China Scholarship Council. Di mana program tersebut, dibuat untuk mahasiswa internasional berkualitas yang berhak mendapatkan bantuan mencakup biaya kuliah, akomodasi serta anggaran hidup.

12. University of California, Berkeley

University of California Berkeley
Source Image: UniversityofCalifornia

Rekomendasi universitas pertanian terbaik di dunia lainnya yakni University of California, Berkeley. Universitas tersebut menjadi riset publik di Amerika Serikat, di mana unggul juga dalam bidang pertanian.

Bagi mahasiswa luar negeri biaya kuliah pertanian S1/S2 di University of California, Berkeley sebesar Rp408.000.000. Sedangkan S3/profesional jurusan pertanian harus membayar kurang lebih sekitar Rp536.000.000.

13. University of Copenhagen

University of Copenhagen
Source Image: MapMyStudy

University of Copenhagen termasuk dalam kriteria universitas pertanian terbaik di dunia. Kampus ini juga terbesar dan tertua di Denmark menawarkan program studi meliputi hortikultura, pertanian serta ilmu tanaman.

Biaya menempuh pendidikan jurusan pertanian di University of Copenhagen berkisar antara Rp170.000.000 hingga Rp290.000.000. Selain itu, University of Copenhagen juga memberikan peluang beasiswa Danish Government Scholarships untuk program S2.

14. Michigan State University

Michigan State University
Source Image: MSU

Rekomendasi terakhir universitas pertanian di dunia yakni Michigan State University atau disingkat MSU. Kampus negeri ini terkenal pada bidang pertanian letaknya di East Lansing, Machigan, Amerika Serikat.

Sebagai warga luar bagian Amerika Serikat biaya kuliah pertanian di Michigan State University kurang lebih senilai Rp628.000.000. Beberapa beasiswa juga ditawarkan kampus ini untuk pelajar berbakat internasional meliputi LPDP, Fulbright dan AMINEF.

Kesimpulan

Itulah rekomendasi universitas pertanian terbaik di dunia dilengkapi pembahasan lokasi, biaya dan beasiswa. Kesimpulannya, meskipun biaya kuliah kampus pertanian terbaik di dunia cukup mahal. Akan tetapi, beberapa perguruan tinggi tersebut menawarkan sejumlah beasiswa bagi pelajar berbakat dari luar negeri.

Bagikan:

Adit Gunawan

Lulus S2 Bahasa Indonesia yang kini aktif mengajar sebagai dosen dan menulis berbagai informasi pendidikan serta profesi di website Nesaelearning.com.