7 Persyaratan Masuk STAN Bagi Perempuan 2024

Adit Gunawan

Persyaratan Masuk STAN Bagi Perempuan – Melanjutkan pendidikan tinggi di Indonesia tentu menjadi sebuah keharusan. Apalagi bagi perempuan, kita harus punya wawasan yang luas demi menjadi sosok ibu berkualitas.

Ketika kamu merasa sulit dalam biaya, bisa pilih STAN atau Sekolah Tinggi Akuntansi Negara. Di sana tiap mahasiswa tidak perlu membayar biaya kuliah seperti di kampus-kampus lainnya.

Meski begitu, untuk menjadi mahasiswa di STAN perlu perjuangan keras. Sebab, segala persyaratan cukup banyak dan hanya calon mahasiswa baru yang punya kelebihan dalam pengetahuannya sewaktu di SMA/SMK yang akan diterima.

Jika kamu perempuan dan ingin kuliah tanpa bayar, sebaiknya ketahui persyaratan masuk STAN. Di bawah ini kami sudah sediakan informasinya secara lengkap. Silakan bisa simak hingga selesai.

Persyaratan Masuk STAN Bagi Perempuan

Persyaratan Masuk STAN Bagi Perempuan terbaru
source image: puspapknstan.org

STAN atau Sekolah Tinggi Akuntansi Negara merupakan perguruan tinggi negeri yang langsung dipegang oleh Kementerian Keuangan Republik Indonesia. Untuk nama lengkapnya sebenarnya adalah PKN (Politeknik Keuangan Negara) STAN. Meski begitu, banyak yang masih menyebut dengan nama lamanya.

Sejak berdirinya tahun 1964, STAN menjadi kampus impian bagi para lulusan SMA/SMK di seluruh Indonesia. Bahkan, jika dibandingkan dengan sekolah kedinasan lainnya, terhitung punya jumlah mahasiswa terbanyak. Para lulusannya punsudah bekerja di lingkungan Kemenkeu.

Seperti kampus-kampus lainnya, tiap tahunnya STAN selalu membuka pendaftaran mahasiswa baru. Tidak hanya laki-laki yang diterima, melainkan perempuan juga diperbolehkan untuk mencoba mendaftar di sekolah kedinasan terbaik tersebut.

Berbeda dengan calon mahasiswa laki-laki, ada persyaratan khusus bagi perempuan. Nah, di bawah ini kami akan membagikan informasi persyaratan STAN khusus bagi perempuan. Silakan bisa disimak dengan baik.

  1. Lulusan SMA/sederajat tahun 2023 atau sebelumnya.
  2. Lulusan SMA/sederajat tahun 2024.
  3. Khusus jalur reguler dan afirmasi kewilayahan bagi lulusan tahun 2023 dan sebelumnya punya nilai rata-rata ujian di ijazah kurang dari 70,00 dengan skala 100,000. Bagi lulusan 2024 punya nilai rata-rata rapor untuk komponen pengetahuan di 5 semester (semester ganjil dan genap kelas X & XI, serta semester ganjil kelas XII) tidak kurang dari 70,00 dengan skala 100,00. Adapun syarat pada pendaftaran ulang telah dinyatakan lulus serta punya nilai ujian dengan rata-rata kurang dari 70,00 dengan skala 100,00.
  4. Khusus jalur pembibitan bagi lulusan tahun 2023 dan sebelumnya, punya nilai rata-rata ujian di ijazah tidak kurang dari 75,00 dengan skala 100,00. Sedangkan bagi lulusan tahun 2024, harus punya nilai rata-rata rapor untuk komponen pengetahuan di lima semester (semester ganjil dan genap kelas X & XII, serta semester ganjil kelas XII) tidak kurang dari 75,000 dengan skala 100,00. Adapun persyaratan pada saat pendaftaran ulang telah dinyatakan lulus serta memiliki nilai rata-rata ijazah tidak kurang dari 75,00 dengan skala 100,00.
  5. Berusia maksimal di tanggal 1 September 2024 yakni 21 tahun. Artinya calon mahasiswa yang lahir sebelum tanggal tersebut dan di tahun 2023 maka tidak diperkenankan mendaftar.
  6. Punya nilai Ujian Tulis Berbasis Komputer-Seleksi Nasional Berbasis Tes tahun 2024, terdiri dari bahasa Inggris minimal 600, tes bahasa Indonesia minimal 550, hingga tes penalaran matematika minimal 500 bagi peserta jalur reguler. Khusus jalur afirmasi kewilayahan nilai tes potensi Skolastik minimal 400, tes bahasa Indonesia minimal 375, tes bahasa Inggris minimal 325, hingga tes penalaran matematika minimal 325. Sedangkan jalur pembibitan tidak syaratkan punya nilai UTBK-SNBT.
  7. Sehat jasmani dan rohani serta bebas dari ketergantungan NAPZA (Narkoba, Psikotropika, hingga Zat Adiktif lainnya).
  8. Khusus bagi perempuan tidak diperkenankan punya atau bekas tato serta ditindik atau bekas di telingan lebih dari satu pasang (kanan & kiri).
  9. Belum menikah/kawin serta bersedia tidak menikah/kawin selama menempuh pendidikan.
  10. Peserta tidak pernah dinyatakan lulus di pengumuman kelulusan Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru PKN STAN di tahun-tahun sebelumnya.

Itulah beberapa persyaratan pendaftaran STAN bagi perempuan. Karena cukup banyak, maka setiap poinnya harus cermati serta dipahami dengan baik. Selain harus menyiapkan semua persyaratan di atas, para peserta seleksi STAN juga perlu bersaing dengan ribuan peserta lainnya.

Terkhusus bagi perempuan yang berasal dari Provinsi Papua dan Papua Barat, ada persyaratan tambahan yakni harus melampirkan surat keterangan dari SMA/sederajat bahwa lulusan berasal dari salah satu provinsi tersebut.

Berkas Pendaftaran STAN Bagi Perempuan

Berkas Pendaftaran STAN Bagi Perempuan
source image: money.kompas.com

Ketika sudah memahami beberapa persyaratan di atas, kemudian kamu perlu menyiapkan segala berkas pendaftaran. Di mana untuk berkasnya mengikuti semua persyaratan di atas. Berikut informasi berkas pendaftaran STAN terkhusus bagi perempuan.

  1. Salinan ijazah dari SMA/sederajat telah dilegalisir.
  2. Salinan rapor kelas X, XI, hingga XII.
  3. Salinan Akte Kelahiran.
  4. Salinan Kartu Keluarga.
  5. Salinan nilai UTBK-ANBK dilegalisir.
  6. Surat keterangan sehat dari dokter.
  7. Surat pernyataan tidak memiliki atau bekas tato serta tindik telinga lebih dari satu pasang.
  8. Surat pernyataan belum menikah/kawin.
  9. Surat pernyataan bersedia tidak menikah selama menempuh pendidikan.
  10. Surat pernyataan tidak pernah dinyatakan lulus di pengumuman seleksi PMB PKN STAN tahun sebelumnya.
  11. Surat keterangan berasal dari Provinsi Papua atau Papua Barat.

Jalur Pendaftaran STAN Bagi Perempuan

Jalur Pendaftaran STAN Bagi Perempuan
source image: djpb.kemenkeu.go.id

Dalam masa pendaftaran mahasiswa baru STAN tahun ini, pihak kampus telah mengumumkan kuota mahasiswa baru yakni sebanyak 1.100. Angka tersebut masih sama dengan tahun sebelumnya.

Selain persyaratan, berkas, serta kuota penerimaan, STAN telah menetapkan tiga jalur pendaftaran. Antara lainnya adalah Jalur Reguler, Jalur Afirmasi Kewilayahan, dan Jalur Pembibitan. Berikut penjelasan dari ketiga jalur tersebut.

Reguler

Jalur reguler yakni jalur penerimaan mahasiswa baru dari seluruh wilayah Indonesia serta ditujukan untuk mengisi formasi/kebutuhan pegawai di beberapa kementerian. Seperti Kementerian Keuangan, Kementerian/Lembaga pemerintah, atau Pemerintah Daerah.

Afirmasi Kewilayahan

Jalur Afirmasi Kewilayahan adalah jalur masuk STAN terkhusus untuk putra-putri dari wilayah afirmasi untuk membantu pekerjaan di Kementerian Keuangan, Kementerian/Lembaga pemerintah, atau Pemerintah Daerah.

Pembibitan

Sedangkan Jalur Pembibitan merupakan jalur masuk mahasiswa baru yang terkhusus bagi mahasiswa baru di daerah kerja sama pembibitan. Nantinya mahasiswa baru dari jalur tersebut akan mengisi formasi/kebutuhan di instansi pemerintah daerah asal.

Tahapan Seleksi Pendaftaran STAN Bagi Perempuan

Tahapan Seleksi Pendaftaran STAN Bagi Perempuan
source image: gurulesku.id

Kemudian, informasi masuk STAN berikutnya adalah mengenai tahapan seleksi. Berdasarkan informasi dari laman resmi Kemenkeu Republik Indonesia, calon mahasiswa baru perlu mengikuti empat tahapan seleksi.

Empat tahapan tersebut terdiri dari seleksi administrasi, seleksi kompetensi dasar, seleksi lanjutan I, hingga seleksi lanjutan II. Berikut penjelasan dari masing-masing tahapan masuk STAN.

Seleksi Administrasi

Tahapan pertama ini merupakan seleksi yang harus diikuti oleh calon mahasiswa baru. Setiap peserta harus memenuhi segala syarat usia hingga beberapa nilai yang sudah diterangkan di awal tadi.

Seleksi Kompetensi Dasar

Ketika sudah lolos administrasi, maka lanjut ke tahapan seleksi kompetensi dasar. Seleksi ini memakai sistem Computer Assisted Test (CAT). Adapun tesnya terdiri dari Tes Karakteristik Pribadi, Tes Integensi Umum, hingga Tes Wawasan Kebangsaan.

Seleksi Lanjutan I

Setelah dinyatakan lolos di SKD, maka calon mahasiswa lanjut ke tahap keempat yakni Seleksi Lanjutan I. Tiap peserta mengikuti tes kesehatan, tes kebugaran, hingga tes psikologi.

Seleksi Lanjutan II

Adapun tahapan terakhir yakni seleksi lanjutan II. Di mana peserta harus mengikuti tes wawancara bersama pihak STAN. Ketika lolos tahap ini, maka peserta dinyatakan sebagai mahasiswa baru serta siap mengikuti pendidikan selama 3 tahun.

Tata Cara Pendaftaran STAN Bagi Perempuan

Tata Cara Pendaftaran STAN Bagi Perempuan
source image: sekolahkedinasan.net

Setelah semua informasi di atas telah dicermati dengan benar, kamu sudah bisa melakukan pendaftaran di STAN. Apabila kamu masih bingung atau belum tahu tata cara pendaftarannya, kami akan berikan informasinya bagi perempuan.

Silakan bisa ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buat akun SSCASN Sekolah Kedinasan dengan menyertakan NIK serta nomor Kartu Keluarga di DIKDIN BKN.
  2. Kemudian, cetak Kartu Informasi Akun.
  3. Lalu, masuk ke SSCASN Sekolah Kedinasan dengan NIK dan password yang telah dibuat sebelumnya.
  4. Pilih perguruan tinggi PKN STAN.
  5. Pilih salah satu jalur, baik itu reguler, afirmasi kewilayahan, atau pembibitan.
  6. Lengkapi data diri diminta.
  7. Cetak kartu pendaftaran.
  8. Keluar dari situs DIKDIN BKN supaya lanjut ke proses berikutnya melalui situ SPMB PKN STAN.
  9. Isi formulis pendaftaran online di portal SPMB STAND dengan memakai username dan password.
  10. Isilah data pilihan jurusan.
  11. Isi data tambahan di formulir pendaftaran online.
  12. Setelah semua selesai, maka semua data akan terkunci dan pihak STAN akan memproses.

Waktu Pendaftaran Masuk STAN Bagi Perempuan

Sebelum mengakhiri artikel ini, kami juga tidak lupa memberikan informasi mengenai waktu pendaftaran masuk STAN bagi perempuan. Melalui berita di situs resmi Kementerian Keuangan Republik Indonesia atau DITJEN Perbendahaaran ada ketentuan waktu daftarnya, antara lain sebagai berikut.

  • Pendaftaran administrasi: 1-30 April
  • Hasil seleksi administrasi: 26 Juni
  • Proses sema tahapan & pengumuman: 4 September

Kesimpulan

Dari semua informasi di atas, bisa disimpulkan bahwa syarat masuk Sekolah Tinggi Akuntansi cukup banyak. Namun khusus bagi perempuan, ada beberapa persyaratan tambahan yakni belum menikah, tidak bertato, serta tidak bertindik lebih dari satu pasang di telinga.

Kiranya itu penjelasan dari kami mengenai persyaratan masuk STAN bagi perempuan. Semoga dengan adanya ulasan ini, para lulusan SMA/sederajat khusus perempuan bisa terbantu mengikuti seleksi penerimaan mahasiswa baru di kampus kedinasan terbaik di Indonesia.

Bagikan:

Adit Gunawan

Lulus S2 Bahasa Indonesia yang kini aktif mengajar sebagai dosen dan menulis berbagai informasi pendidikan serta profesi di website Nesaelearning.com.