Syarat Masuk Universitas Islam Madinah dan Link 2024

Adit Gunawan

Syarat Masuk Universitas Islam Madinah – Dalam masa pendaftaran mahasiswa baru, informasi mengenai syarat masuk menjadi hal paling penting. Meskipun kamu tahu cara daftar, tapi tidak masuk dalam persyaratan yang diinginkan kampus maka percuma.

Salah satu kampus yang perlu kamu tahu syarat masuk adalah Universitas Islam Madinah. Sebagai kampus yang berada di Arab Saudi tentu ketentuan persyaratan berbeda dengan perguruan tinggi di Indonesia.

Terlebih lagi, dalam penggunaan bahasa Arab atau bahasa asing yang pastinya membuat kita harus merubah ke dalam bahasa Indonesia. Selain itu, tiap poin syarat masuk Universitas Islam Madinah harus juga dipahami secara baik dan benar.

Namun, ketika kamu menemukan Nesaelearning.com di internet tidak akan membuat bingung lagi. Sebab, di kesempatan kali ini kami akan berikan penjelasan mengenai syarat masuk Universitas Islam Madinah secara lengkap beserta link pendaftarannya.

Syarat Masuk Universitas Islam Madinah

Syarat Masuk Universitas Islam Madinah 1
source image: indonesiamengglobal.com

Di awal tadi belum dijelaskan tentang Universitas Islam Madinah. Jadi, kampus tersebut merupakan pendidikan tinggi yang berada di Arab Saudi, lebih tepatnya di Madinah. Dari banyaknya universitas di sana, Universitas Islam Madinah menjadi pilihan favorit bagi banyak lulusan SMA atau S1 di seluruh dunia.

Seperti kampus pada umumnya, Universitas Islam Madinah membuka beberapa program pembelajaran dari berbagai ilmu agama, bahasa Arab, hingga ilmu-ilmu lainnya. Karena memiliki banyak jurusan, membuat perguruan tinggi tersebut memiliki mahasiswa yang berasal dari 170 negara.

Jika kamu tertarik ingin melanjutkan pendidikan tinggi di Madinah, Arab Saudi, silakan bisa daftar mahasiswa baru Universitas Islam Madinah. Untuk syarat masuk bisa dibilang masih relatif mudah, seperti di bawah ini.

  • Calon mahasiswa baru harus berkelakuan baik.
  • Calon mahasiswa berjanji mematuhi segala aturan serta ketentuan di Universitas Islam Madinah.
  • Bersungguh-sungguh belajar.
  • Berhasil lulus yang telah ditentukan oleh pihak panitia pendaftaran.
  • Sehat jasmani.
  • Telah lulus dari SMA/sederajat atau S1 dalam jangka waktu lebih dari lima tahun di saat melamar.
  • Berusia maksimal 25 saat pendaftaran.
  • Khusus pendaftar Sekolah Tinggi Al-Quran atau Kajian Islam harus hafal Al-Quran secara lengkap serta lulus ujian lisan.
  • Calon mahasiswa telah menerima surat rekomendasi dari badan, lembaga, atau akademisi sesuai negara asal.
  • Khusus Studi Islam, calon mahasiswa baru wajib ikuti ujian penempatan bahasa Arab, namun tidak wajib lulus.
  • Khusus Studi Sains, calon mahasiswa baru wajib memperoleh sertifikat pendidikan menengah atas atau setara dalam spesifikasi ilmiah serta mahir dalam bahasa Inggris. Peserta juga melampirkan bukti memiliki nilai minimal 550 dalam tes TOEFL atau setara.

Berkas Pendaftaran Universitas Islam Madinah

Berkas Pendaftaran Universitas Islam Madinah
source image: minhatiy.com

Selain syarat masuk, ada ketentuan mengenai berkas pendaftaran yang telah ditetapkan Universitas Islam Madinah. Nantinya, berkas ini menjadi bukti kamu telah memiliki seluruh syarat masuk di atas.

Berdasarkan informasi di laman resmi Universitas Islam Madinah, lampiran berkas calon mahasiswa baru tidak jauh berbeda dengan PMB kampus-kampus di Indonesia. Adapun berkas pendaftarannya sebagai berikut.

  • Salinan Paspor.
  • Salinan Kartu Tanda Penduduk.
  • Salinan ijazah tingkat SMA/GSCE/A/sederajat.
  • Surat keterangan sehat tidak lebih dari 6 bulan.
  • Pas foto 4×6 dengan ketentuan lata belakang putih, berpakaian rapi, tidak memakai atribut kepala.
  • Salinan Akta Kelahiran.
  • Surat Keterangan Berperilaku Baik (SKKB).
  • Surat rekomendasi dari Lembaga Islam di negara asal/dari tokoh Islam. Di mana di surat mencantum dan menerangkan nama calon mahasiswa adalah muslim taat dengan melakukan kewajiban serta berakhlak mulia.
  • Surat keterangan/sertifikat masuk Islam, khusus agama Islamnya tidak dari lahir.

Perlu diperhatikan dalam melampirkan seluruh berkas pendaftaran Universitas Islam Madinah, di antaranya di bawah ini:

  • Seluruh berkas harus diterjemahkan ke dalam bahasa Arab dan Inggris.
  • Seluruh berkas harus dipindai atau scan dengan warna asli atau scan berwarna, bukan hitam putih.
  • Perhatikan kesesuaian berkas sebelum diunggah.
  • Apabila diizinkan masuk ke Arab Saudi, calon mahasiswa harus membawa seluruh dokumen asli yang telah terbukti kebenarannya oleh Kedutaan Arab Saudi.

Tata Cara Pendaftaran Universitas Islam Madinah

Ketika sudah memahami syarat dan berkas, selanjutnya kamu bisa melanjutkan pendaftaran. Seperti sudah dijelaskan di bagian berkas, bahwa segala pendaftaran mahasiswa baru Universitas Islam Madinah dilakukan secara online atau daring.

Karena online, maka calon mahasiswa baru harus mencari tahu link pendaftaran. Berdasarkan informasi dari berbagai sumber, link masuk Universitas Islam Madinah hanya melalui link atau portal bernama MINHATI.

Berikut untuk tata cara masuk Universitas Islam Madinah dengan link MINHATI:

1. Masuk ke Link MINHATI

1. Masuk ke Link MINHATI
source image: minhatee2.iu.edu.sa

Langkah pertama, buka link MINHATI melalui perangkat HP atau komputer. Pastikan, tampilan halaman utama seperti yang kami berikan di atas.

2. Buka Menu Pilih Bahasa

2. Buka Menu Pilih Bahasa
source image: minhatee2.iu.edu.sa

Langkah ketiga, pilihlah menu pergantian bahasa. Di mana menu tersebut terletak di bagian kiri atas di halaman utama. Silakan pilih bahasa Indonesia. Setelah itu, perhatikan beberapa menu yang tersedia di bagian bawah halaman situs.

3. Buka Menu Login

3. Buka Menu Login
source image: minhatee2.iu.edu.sa

Langkah ketiga, pilihlah menu Login. Di mana menu ini menjadi awal kita memulai daftar ke Universitas Islam Madinah, Arab Saudi. Pilih Daftar, kemudian isilah beberapa kolom yang dijadikan sebagai proses awal verifikasi email.

4. Masuk ke Email

4. Masuk ke Email
source image: minhatee2.iu.edu.sa

Langkah keempat, silakan beralih ke email pribadi. Lalu klik Konfimasi Email. Setelah itu, kembali lagi ke link MINHATI.

5. Baca Semua Ketentuan yang Ada

5. Baca Semua Ketentuan yang Ada
source image: minhatee2.iu.edu.sa

Langkah kelima, klik menu Login. Di bagian pertama, kamu akan menemukan berbagai informasi dari pihak kampus. Silakan dibaca serta dipahami dengan cermat.

6. Klik Menu Informasi

Langkah keenam, ketika sudah membaca semua informasinya, kamu bisa klik menu Informasi. Di bagian tersebut, calon mahasiswa diminta untuk mengunggah seluruh berkas syarat masuk.

7. Perbaiki Data yang Kurang

7. Perbaiki Data yang Kurang
source image: minhatee2.iu.edu.sa

Langkah terakhir, akan muncul berbagai informasi. Mulai dari Data Pribadi, Data Kontak, Informaasi Data Akademis, Latar Belakang Akademik, Program Studi Prioritas Pilihan, Pernyataan dan Pertanyaan, hingga Halaman Verifikasi Pendafataran. Silakan bisa dibaca ulang, jika ada kesalahan atau kekurangan, langsung diperbaiki.

Nah, itulah tata cara pendaftaran ketika kamu ingin menjadi mahasiswa baru di Universitas Islam Madinah. Kiranya cukup mudah untuk diikuti.

Beasiswa Universitas Islam Madinah

Beasiswa Universitas Islam Madinah
source image: darunnajah.com

Dari informasi tata cara masuk di atas, perlu diketahui bahwa pendaftaran Universitas Islam Madinah lewat link MINHATI telah termasuk mendaftar beasiswa. Jadi, nantinya para mahasiswa baru tidak terlalu terbebani dengan kuliah di Madinah Arab Saudi.

Di bawah ini merupakan beberapa keuntungan yang didapat para mahasiswa baru Universitas Islam Madinah:

  • Bebas biaya kuliah sesuai dengan ketentuan.
  • Tiket pesawat ke Arab Saudi.
  • Tiket pesawat kelas ekonomi pulang pergi saat melakukan liburan ke negara asal tiap akhir tahun perkuliahan.
  • Tunjangan bulanan.
  • Tunjangan ekstra bagi mahasiswa bagi nilai unggulan.
  • Tunjangan dua bulan sebagai ganti biaya pengurusan keberangkatan ke Arab Saudi.
  • Tunjangan tiga bulan sebagai ganti dari biaya pengurusan kelulusan (pengiriman buku).
  • Tunjangan ke-13 tiap tahun sebagai ganti dari biaya pembelian buku pelajaran serta referensi ilmiah yang diberikan selama masa kuliah, tapi tidak diberikan pada mahasiswa yang berada di masa perpanjangan kuliah.
  • Layanan kesehatan gratis di rumah sakit kampus.
  • Bantuan biaya makan 3x sehari.
  • Transportasi harian gratis pulang pergi ke Masjid Nabawi, serta perjalanan Umrah.
  • Pemakaian fasilitas sosial, pelatihan, hingga olahraga di kampus.

Kesimpulan

Melalui informasi di atas, akhirnya kita mengetahui persyaratan masuk ke kampus terbaik di Arab Saudi. Selain simpel syaratnya, untuk tata cara pendaftaran juga mudah. Di laman MINHATI telah tersedia bahasa terjemahan Indonesia.

Kiranya itu penjelasan dari kami mengenai syarat masuk Universitas Islam Madinah. Semoga dengan adanya informasi di atas bisa membantu para lulusan SMA yang bercita-cita kuliah di Negara Islam terbesar.

Bagikan:

Adit Gunawan

Lulus S2 Bahasa Indonesia yang kini aktif mengajar sebagai dosen dan menulis berbagai informasi pendidikan serta profesi di website Nesaelearning.com.