12 Universitas dengan Jurusan Hubungan Internasional Terbaik

Adit Gunawan

Universitas dengan jurusan hubungan internasional terbaik, setiap tahunnya menjadi incaran calon mahasiswa. Sebab, mereka ingin mendapatkan pengajar berkualitas dan peluang kerja yang luas.

Di Indonesia terdapat berbagai universitas dengan jurusan hubungan internasional baik negeri maupun swasta. Beberapa kampus negeri terbaik menyediakan fakultas tersebut di antaranya Universitas Indonesia, Universitas Padjadjaran, hingga Universitas Hasanuddin.

Tidak hanya kampus negeri saja, tetapi beberapa perguruan tinggi swasta dengan jurusan hubungan internasional terbaik juga tercatat memiliki status akreditasi sangat baik. Misalnya Universitas Diponegoro, Binus University sampai Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Adapun program beasiswa yang ditawarkan beberapa universitas dengan jurusan hubungan internasional, baik swasta maupun negeri. Jika penasaran kampus mana saja yang masuk ke dalam kriteria tersebut, silakan simak pembahasan Nesaelearning di bawah ini.

Daftar Universitas dengan Jurusan Hubungan Internasional Terbaik

Apabila kalian tertarik untuk melanjutkan pendidikan di jurusan hubungan internasional, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan. Contohnya reputasi akademik serta program studi unggulannya.

Agar nantinya kesempatan berkarir kalian dalam ranah global akan semakin terbuka, karena mendapatkan kampus dengan pengajar maupun program studi berkualitas. Berikut adalah daftar universitas dengan jurusan hubungan internasional terbaik yang bisa dipertimbangkan:

1. Universitas Indonesia

Universitas Indonesia
Source Image: Wikipedia

Universitas dengan jurusan hubungan internasional terbaik yang pertama yakni Universitas Indonesia, tercatat mampu menghasilkan lulusan paham terkait fenomena urusan global. Selain itu, perguruan tinggi ini berperan aktif dalam berbagai profesi di bidang tersebut.

Kurikulum yang ditawarkan mencakup Diplomasi dan Analisis Politik Luar Negeri, Isu-isu Keamanan Transnasional, Teori Ekonomi Politik Internasional serta Kebijakan Luar Negeri Indonesia. Lulusan program studi tersebut akan berkarir sebagai diplomat maupun bekerja di beberapa organisasi internasional.

Universitas Indonesia memiliki skema pembayaran dinamakan Biaya Operasional Pendidikan Berkeadilan. BOP-B dibayarkan sesuai dengan kemampuan penanggung biaya dengan kisaran Rp100.000 Rp5.000.0000. Sementara itu, biaya pendidikan S1 pararel sifatnya tetap dengan besaran BOP senilai Rp12.000.000 per semester dan Rp14.000.000 sebagai uang pangkal.

Apabila Warga Negara Asing, biaya pendidikan S1 Pararel dengan nilai sebesar Rp34.000.000 per semester dan Rp27.000.000 sebagai bentuk uang pangkal. Selain itu, Universitas Indonesia juga menawarkan beasiswa kepada mahasiswa sebagai bentuk apresiasi prestasi, berupa bantuan biaya pendidikan bagi siswa yang memiliki keterbatasan finansial.

2. Universitas Diponegoro

Universitas Diponegoro
Source Image: UNDIP.ac

Universitas Diponegoro menjadi salah satu perguruan tinggi dengan kualitas jurusan hubungan internasional terbaik di Asia. Kurikulum program studi tersebut meliputi Pancasila dan Kewarganegaraan, Bahasa Indonesia, Olah Raga, Pengantar Ilmu Politik hingga Politik Ekonomi Jepang.

Fasilitas pendukung jurusan hubungan internasional di Universitas Diponegoro mencakup laboratorium komputer, perpustakaan, teater hingga tempat ibadah. Untuk biaya UKT dan SPI program studi hubungan internasional di Universitas Diponegoro berkisar Rp500.000 sampai Rp35.000.000.

Selain menawarkan program studi terbaik, Universitas Diponegoro juga menawarkan beasiswa PF Prestasi. Di mana, program tersebut merupakan program lanjutan dari beasiswa Yayasan Kesejahteraan Pegawai Pertamina.

3. Universitas Airlangga

Universitas Airlangga
Source Image: Vokasi UNAIR

Universitas Airlangga atau biasa disebut UNAIR juga termasuk dalam kriteria kampus terbaik dengan jurusan hubungan internasional. Kurikulumnya mencakup politik internasional, hukum internasional, ekonomi internasional dan budaya internasional.

Nantinya jurusan hubungan internasional di UNAIR didampingi oleh pengajar lulusan berbagai kampus ternama di dalam maupun luar negeri. Sehingga lulusan program studi tersebut memiliki pengetahuan, keterampilan serta sikap dalam bekerja pada bidang hubungan internasional.

Biaya pendidikan jurusan hubungan internasional di Universitas Airlangga terbagi menjadi dua yakni UKS dan UKA minimal. UKS sebesar Rp7.500.000, sedangkan untuk UKA minimal senilai Rp45.000.000.

4. Universitas Padjadjaran

Universitas Padjadjaran
Source Image: Quipper

Universitas dengan jurusan hubungan internasional terbaik berikutnya adalah Universitas Padjadjaran. Di mana mahasiswa tidak hanya mempelajari tentang bagaimana hubungan antar negara terjalin, adapun pembelajaran mengenai hubungan antar aktor non negara bersifat lintas negara seperti organisasi internasional, individu serta perusahaan multinasional.

Program studi hubungan internasional Unpad memiliki 3 kelompok bidang kaji utama antara lain SKB Teori & Metodologi Hubungan Internasional, Ekonomi Politik Global dan Hukum & Organisasi Internasional. Ditujukan bagi mahasiswa yang cenderung ingin berkarir menjadi peneliti, international officers atau wartawan.

Uang kuliah tunggal Universitas Padjadjaran jurusan hubungan internasional sebesar Rp7.500.000 per semester. Sedangkan Iuran Pengembangan Institusi(IPI) Minimal senilai Rp70.000.000.

5. Universitas Presiden

Universitas Presiden Jurusan Hubungan Internasional
Source Image: Mamikos

Universitas Presiden merupakan salah satu kampus dengan jurusan hubungan internasional terbaik di Indonesia. Program studi tersebut di kampus ini, memiliki nilai akreditasi A (Sangat Baik).

Program studi hubungan internasional di Universitas Presiden, memperkenalkan 2 konsentrasi antara lain Diplomasi dan Studi Strategis & Pertahanan. Tujuannya untuk mengembangkan pemikiran analitis serta kritis, di mana memberikan pengetahuan atas dasar tentang munculnya hubungan internasional.

Biaya kuliah Universitas Presiden jurusan hubungan internasional berkisar antara Rp30.000.000 per semester. Biaya tersebut sudah termasuk anggaran kuliah semester, ujian, retake serta mengambil kelas ulang. Adapun uang pembangunan dengan besaran Rp10.000.000, uang program matrikulasi serta masa orientasi studi Rp5.000.000 dan uang student housing Rp1.300.000 sampai Rp2.900.000.

6. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
Source Image: Viva

Hubungan internasional merupakan salah satu jurusan pertama di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, sekaligus mendapatkan nilai terbaik. Dengan binaan dari Universitas Gadjah Mada khususnya Prof. Dr. Amien Rais.

Program studi jurusan hubungan internasional UMY dengan akreditasi unggul, berupaya menciptakan lulusan yang relevan memenuhi kebutuhan external stakeholders. Fasilitas pendukung prodi HI mencakup AC, LCD, TV, ruang simulasi diplomasi serta laboratorium HI.

Biaya kuliah Universitas Muhammadiyah Yogyakarta jurusan hubungan internasional dibagi menjadi dua yakni reguler dan international. Anggaran pendidikan reguler mulai dari Rp5.410.000 Rp15.000.000, sedangkan international Rp8.335.000 rp19.870.000.

7. Binus University

Binus University Jurusan Hubungan Internasional
Source Image: Detikcom

Universitas dengan program studi hubungan internasional terbaik selanjutnya yaitu Binus University. Tercatat mencetak lulusan yang dapat berkontribusi secara global dalam ranah dunia, terutama di lingkungan Asia Pasifik.

Binus University menerapkan kurikulum internasional, sehingga komunikasi keseharian menggunakan bahasa Inggris. Di mana, jurusan hubungan internasional juga selama perkulihan akan berkomunikasi dengan bahasa tersebut.

Dengan jurusan hubungan internasional terbaik, biaya kuliah di Binus University sebesar Rp168.880.000, sedangkan anggaran pembangunan senilai Rp38.000.000. Maka jumlah total yang harus dikeluarkan ketika ingin kuliah prodi di Binus sebesar Rp206.880.000.

8. Universitas Paramadina

Universitas Paramadina Jurusan Hubungan Internasional
Source Image: Quipper

Universitas Paramadina juga masuk ke dalam deretan perguruan tinggi dengan jurusan hubungan internasional terbaik. Biasanya mengadakan serangkaian kunjungan studi ke beberapa lembaga asing di dalam maupun luar negeri.

Program studi hubungan internasional di Universitas Paramadina mampu menghasilkan lulusan dengan kualifikasi. Di mana, mahasiswa mempunyai kompetensi dan keterampilan berkarya secara keilmuan khususnya di studi diplomasi dan studi kawasan Asia tenggara.

Biaya kuliah program sarjana jurusan hubungan internasional berkisar antara Rp13.750.000. Sedangkan program pascasarajana, anggaran pendidikan sebesar kurang lebih Rp13.000.000.

9. Universitas Gadjah Mada

Universitas Gadjah Mada
Source Image: UGM.ac

Program studi Universitas Gadjah Mada menawarkan program ilmu hubungan internasional reguler dan internasional. Dengan adanya program tersebut, memungkinkan mahasiswa mempelajari berbagai pengetahuan.

Pengetahuan yang didapatkan ketika menjalani program studi hubungan internasional antara lain politik & keamanan global, studi perdamaian dan konflik serta ekonomi & pembangunan politik internasional. Sedangkan untuk program studi magister HI menawarkan program khusus yakni MA in International Relations, Global Humanitarian Diplomacy, Global Trade Diplomacy hingga Digital Transformaton & Competitiveness.

Penetapakan UKT Pendidikan Unggul UGM serta UKT bersubisdi berdasarkan pada kemampuan ekonomi orang tua. Besaran UKT Pendidikan Unggul Hubungan Internasional di UGM sebesar Rp8.800.000, apabila bersubsidi mulai dari Rp6.600.000 hingga Rp0 alias gratis.

10. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta

Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta Jurusan Hubungan Internasional
Source Image: Detikcom

Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta tercatat sebagai kampus dengan program studi hubungan internasional terbaik. Sebab, perguruan tinggi ini mempunyai nilai akreditasi A pada program studi tersebut.

Fakultas FISIP tepatnya jurusan HI melibatkan ilmuwan dari berbagai fakultas lain bertujuan memperkaya pengetahuan mengenai peradaban Islam. Dengan begitu, lulusan sarjana ilmu sosial akan memiliki horizon pengetahuan luas.

Biaya kuliah jurusan HI di Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta mulai dari Rp400.000 hingga Rp4.600.000. Biaya dibedakan berdasarkan kelompok dan sesuai program studi yang diambil.

11. Universitas Hasanuddin

Universitas Hasanuddin
Source Image: UNHAS.ac

Universitas Hasanuddin mempunyai gelar akreditasi A (Sangat Baik) dan termasuk kampus dengan jurusan HI terbaik. Perguruan ini menjadi penyelenggara pendidikan, penelitian serta pengabdian masyarakat, khususnya di bidang Hubungan Internasional pada pembangunan dunia maritim.

Biaya kuliah hubungan internasional di UNHAS Uang Kuliah Tunggal sebesar Rp7.000.000 per semester. Di sisi lain, dana pengembangan untuk program studi tersebut kurang lebih senilai Rp40.000.000.

Adapun program beasiswa sarjana dan vokasi didanai oleh instansi pemerintah, yayasan, swasta dan sumber lainnya. Pemberian bantuan ditujukan kepada mahasiswa berprestasi di bidang akademiknya, tetapi mengalami kesulitan ekonomi.

12. Universitas Brawijaya

Universitas Brawijaya
Source Image: Detikcom

Universitas Brawijaya menjadi daftar terakhir untuk kampus dengan program studi hubungan internasional terbaik. Pasalnya, program studinya unggul dan berstandar internasional bertujuan mengembangkan prodi HI melalui penelitian, pendidikan serta pengabdian kepada masyarakat yang berorientasi lokal.

Mahasiswa program studi hubungan internasional di Universitas Brawijaya, nantinya akan diberikan pendidikan adaptif terhadap perkembangan isu serta kajian HI. Selain itu, pengembangan dan penyelesaian masalah dalam HI diajarkan bersifat lokal, nasional, regional hingga global.

Biaya kuliah per semester jurusan hubungan sosial di Universitas Brawijaya sebesar Rp9.500.000. Sedangkan untuk iuran pengembangan intuisi yang hanya di bayar sekali senilai Rp55.000.000.

Kesimpulan

Itulah daftar universitas dengan jurusan hubungan internasional terbaik di Indonesia, baik negeri maupun swasta. Meskipun beberapa kampus di atas memiliki akreditasi, pengajar dan visi misi sama. Akan tetapi terdapat berbedaan yang cukup signifikan terkait UKT maupun iuran pengembangan institusi.

Bagikan:

Adit Gunawan

Lulus S2 Bahasa Indonesia yang kini aktif mengajar sebagai dosen dan menulis berbagai informasi pendidikan serta profesi di website Nesaelearning.com.