12 Universitas Swasta Termahal di Indonesia 2024

Adit Gunawan

Pada saat memasuki universitas swasta tentu masalah biaya menjadi hal yang paling penting. Di Indonesia sendiri ada banyak kampus swasta yang menerapkan biaya cukup mahal. Maka sering ada anggapan beberapa kampus menjadi universitas termahal.

Meski universitas swasta dinyatakan termahal, namun nyatanya masih banyak peminat. Hal ini disebabkan pihak kampus juga menyeimbangkan berbagai fasilitas lengkap dengan biaya. Sikap tersebut agar tidak ada perspektif negatif dari masyarakat.

Adanya biaya mahal di universitas swasta juga dikarenakan pihaknya tidak mendapatkan subsidi pemerintah dalam pengelolaannya. Untuk menutup berbagai pengeluaran yang ada, maka universitas membebankan pada mahasiswa.

Lantas ada berapa universitas mahal di Indonesia? Untuk mengetahui hal itu, kami akan bantu kamu menemukan banyak rekomendasi kampus swasta dengan biaya cukup mahal. Silakan bisa simak ulasan ini hingga selesai.

Daftar Universitas Swasta Termahal di Indonesia

Daftar Universitas Swasta Termahal di Indonesia
source image: ypt.or.id

Perlu diketahui, bahwa universitas swasta merupakan perguruan tinggi yang berdiri serta dikelola oleh masyarakat serta dibantu oleh badan penyelenggara berbadan hukum. Badan penyelenggara ini berbentuk yayasan. Pendirian universitas swasta pun berdasarkan izin dari pemerintah pusat melalui Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Adapun untuk penerima mahasiswa baru, sering kali universitas memiliki beberapa sistem jalur seleksi. Mulai dari jalur prestasi, jalur tes, jalur undangan, dan lain sebagainya. Berdasarkan catatan pemerintah, jumlah PTS di Indonesia mencapai 3.044 kampus.

Sedangkan untuk masalah biaya kuliah, universitas swasta tidak terikat dengan aturan yang membatasi. Artinya biaya kuliah mahasiswa ditentukan oleh yayasan yang menaungi universitas swasta. Adapun biaya kuliah tiap kampus cukup beragam, mulai dari biaya pendaftaran, biaya daftar ulang, biaya SPP per semester, uang sumbangan gedung, biaya UTS dan UAS, biaya praktik, dan lain sebagainya.

Nah, di bawah ini kami telah menyediakan beberapa universitas termahal di Indonesia. Kiranya dari rincian kampus di bawah ini bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan para calon mahasiswa baru.

1. Universitas Pelita Harapan (UPH)

1. Universitas Pelita Harapan UPH
source image: uph.edu

Untuk universitas swasta termahal pertama adalah Universitas Pelita Harapan. Sebuah kampus Kristen satu-satu di Indonesia berlandaskan Liberal Arts. Adapun artinya pendidikan luas dan tidak hanya bersifat kejuruan, melainkan memberikan mahasiswa kemampuan untuk menggunakan kebebasan memiliki sebagai warga negara dan pemikir.

Universitas Pelita Harapan berlokasi di Jl. M. H. Tamrin Boulevard 1100 Lippo Village, Tengerang. Sejak dulu, univesitas swasta tersebut dianggap termahal karena memiliki ketentuan biaya kuliah mulai dari Rp. 69.000.000 sampai 899.500.000. Biaya tersebut dikalkulasikan hingga selesai.

Setidaknya kampus tersebut memiliki 26 jurusan S1 dan 2 jurusan dari program D3. Selain itu, Universitas Pelita Harapan juga mempunyai banyak fasilitas akademik hingga non akademik. Keunggulan itulah membuat kampus UPH jadi incaran bagi calon mahasiswa baru. Apabila kamu ingin menyimak lebih jelas, bisa unduh rincian biaya UPH di sini.

2. Universitas Trisakti

2. Universitas Trisakti
source image: liputan6.com

Kemudian, untuk urutan kedua kampus termahal di Indonesia adalah Universitas Trisakti. Sebuah perguruan tinggi swasta yang memiliki sejarah cukup panjang. Pasalnya dalam proses kelahiran Universitas Trisakti diawali dengan hancurnya Universitas Respublika pada tahun 1965. Hal itu dikarenakan ada anggapan bahwa kampus tersebut terlibat pergerakan Partai Komunis Indonesia.

Tepat di September 1965 dibangunlah Universitas Trisakti. Hingga saat ini kampus tersebut menjadi kampus swasta terbaik. Selain itu, untuk masalah biaya kampus tersebut juga dianggap termahal. Untuk tahun ini, estimasi biaya kuliah sampai lulus dibebankan pada mahasiswa sekitar Rp. 34.000.000 hingga 179.800.000.

Pada tahun ini, Universitas Trisakti menawarkan 28 jurusan S1 bagi calon mahasiswa baru. Jika kamu tertarik ingin bergabung di kampus swasta tersebut bisa langsung daftarkan diri. Lalu untuk rincian biaya lengkap bisa diunduh di sini.

3. Universitas Islam Indonesia (UII)

3. Universitas Islam Indonesia UII
source image: detik.com

Untuk urutan ketiga perguruan tinggi swasta termahal di Indonesia adalah Universitas Islam Indonesia. Sebuah kampus yang berdiri sejak tahun 1945 dan menjadi 10 perguruan tinggi terbaik di Indonesia berdasarkan kualitas manajemen. Terletak di Jl. Kaliurang km. 14,5 Sleman, Yogyakarta.

Sejak menjadi kampus terbaik, Universitas Islam Indonesia dikategorikan sebagai kampus termahal. Pasalnya, tiap mahasiswa harus mengeluarkan biaya hingga kuliah sebesar Rp. 27.500.000 sampai Rp. 159.000.000. Biaya tersebut telah mencakup keseluruhan komponen biaya.

Di masa pendaftaran mahasiswa baru tahun ini, Universitas Islam Indonesia membuka 39 jurusan S1 dan 3 jurusan dari D3. Apabila tertarik ingin menjadi mahasiswa baru di perguruan tinggi swasta tersebut bisa langsung daftarkan melalui laman resmi UII. Sedangkan untuk rincian biaya lengkap bisa unduh di sini.

4. Universitas Prasetiya Mulya

4. Universitas Prasetiya Mulya
source image: universitas123.com

Di urutan keempat kampus swasta termahal ada Universitas Prasetya Mulya. Sebuah kampus pelopor program MBA dan sekolah bisnis terkemuka di Indonesia. Berdiri sejak 1982 oleh para pemimpin bisnis ternama pada masa itu. Hingga sekarang perguruan tinggi swasta tersebut menjadi kampus favorit.

Adapun keunggulan Universitas Prasetya Mulya pada fasilitas lengkap. Mulai dari fasilitas olahraga, ruang laboratorium, ruang praktek, dan lain sebagainya. Dengan berbagai fasilitas yang berbeda dengan kampus lainnya membuat biaya kuliah di Universitas Prasetya Mulya cukup mahal. Mahasiswa perlu membayar kurang lebih Rp. 75.000.000 sampai Rp. 100.000.000.

Apabila kamu tertarik ingin bergabung di kampus tersebut bisa langsung daftarkan secara online. Sedangkan untuk rincian biaya lengkap bisa unduh di sini.

5. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY)

5. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta UMY
source image: viva.co.id

Selanjutnya, urutan kelima universitas swasta termahal di Indonesia yakni Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Sebuah kampus yang didirikan oleh organisasi Islam terbesar di Indonesia yaitu Muhammadiyah pada tahun 1981. Terletak di Jl. Brawijaya, Kasihan, Bantul, Yogyakarta. Hingga saat ini Universitas Muhammadiyah kampus ternama di kota tersebut.

Karena memiliki keunggulan yang cukup mumpuni, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta dijuluki sebagai kampus swasta termahal. Pasalnya biaya kuliah hingga lulus sebesar Rp. 50.000.000 sampai Rp. 112.000.000. Meski demikian, besaran biaya tersebut setara dengan kualitas pendidikan.

Bagi kamu yang tertarik ingin menjadi mahasiswa baru di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta bisa daftarkan diri secara online. Adapun untuk rincian biaya lengkapnya bisa unduh di sini.

6. Swiss German University (SGU)

6. Swiss German University SGU
source image: sgu.ac.id

Lalu, untuk urutan kampus swasta termahal keenam di Indonesia adalah Swiss German University. Berbeda dengan kampus lainnya, kampus ini dikatakan masih muda. Pasalnya baru berdiri tahun 2000. Meski begitu, bentuk kerja sama Swiss German University telah menarik diikuti. Selain bekerjasama dengan Indonesia, kampus tersebut juga bekerjasama dengan Jerman, Swiss, dan Austria.

Dalam kegiatan perkuliahan, Swiss German University hanya menawarkan 3 program studi yakni MBA, MIT, dan MME. Tiap jurusan tersebut ditentukan biaya kuliah sebesar Rp. 49.500.000 sampai Rp. 97.000.000 hingga lulus.

Apabila kamu tertarik ingin bergabung di Swiss German University, bisa langsung daftarkan diri. Alamatnya berada di Jl. Jalur Sutera Barat. No. 15, RT 03 RW 06, Panunggangan Tim, Kec. Pinang, Kota Tangerang. Sedangkan rincian biaya lengkapnya bisa unduh di sini.

7. Telkom University

7. Telkom University
source image: baa.telkomuniversity.ac.id

Berikutnya urutan ketujuh universitas swasta termahal di Indonesia adalah Telkom University. Sebuah kampus dengan basic teknologi telekomunikasi yang berdiri tahun 1990. Dalam pembangunan pertama, kampus swasta tersebut oleh PT Telkom yang saat itu dipelopori oleh Ir. Cacuk Sudarijanto.

Dari banyak kampus swasta di Indonesia, Telkom Universitas menjadi perguruan tinggi dengan ketentuan biaya yang cukup mahal. Apabila dikalkulasikan hingga lulus, mahasiswa harus membayar kurang lebih Rp. 50.000.000 sampai Rp. 80.000.000. Total biaya tersebut sudah termasuk semua komponen.

Jika kamu tertarik ingin bergabung di Telkom University, bisa langsung daftarkan diri. Apalagi di setiap daerah sekarang sudah ada kampus tersebut. Sedangkan untuk rincian biaya lengkapnya bisa langsung unduh di sini.

8. Universitas Muhammadiyah Surakarta

8. Universitas Muhammadiyah Surakarta
source image: muhammadiyah.or.id

Kemudian di urutan kedelapan universitas swasta termahal di Indonesia adalah Universitas Muhammadiyah Surakarta. Perjalanan perguruan tinggi swasta tersebut dimulai sejak tahun 1979. Di pelopori oleh Drs. Mohamad Djazman, Rektor IKIP Muhammadiyah Surakarta saat itu.

Karena tiap tahun terus melakukan perkembangan, Universitas Muhammadiyah Surakarta menjadi kampus favorit bagi masyarakat. Namun di balik itu, UMS juga dikategorikan sebagai kampus swasta termahal di Indonesia. Mahasiswa perlu membayar Rp. 20.000.000 sampai Rp. 80.000.000 hingga lulus.

Pada masa pendaftaran mahasiswa baru tahun ini, Universitas Muhammadiyah Surakarta menawarkan 42 jurusan program S1. Apabila berminat bergabung menjadi bagian di perguruan tinggi tersebut bisa langsung daftarkan secara online. Rincian biaya lengkapnya bisa diunduh di sini.

9. Binus Universitas

9. Binus Universitas
source image: binus.ac.id

Berikutnya urutan kampus swasta termahal di Indonesia adalah Binus Universitas. Sebuah perguruan tinggi swasta yang berdiri sejak 21 Oktober 1974. Terletak di Jl. K. H. Syahdan No. 9, Kemanggisan, Palmerah Jakarta. Hingga sekarang kampus tersebut menawarkan 18 jurusan dari D3 maupun S1.

Karena memiliki kualitas pendidikan yang bagus, Binus Universitas dianggap menjadi kampus termahal di Indonesia. Kurang lebih mahasiswa baru harus membayar Rp. 11.300.000 sampai Rp.71.500.000 hingga lulus. Total biaya tersebut sudah termasuk biaya sumbangan, biaya kuliah, biaya lab, serta biaya peralatan.

Meskipun mahal, namun Binus Universitas masih menjadi kampus swasta favorit di kalangan siswa. Apabila kamu tertarik ingin menjadi mahasiswa, bisa langsung daftarkan diri melalui laman resmi. Untuk rincian biaya lengkap semua prodi bisa diunduh di sini.

10. Universitas Ahmad Dahlan (UAD)

10. Universitas Ahmad Dahlan UAD

Selanjutnya di urutan kesembilan kampus swasta termahal di Indonesia yakni Universitas Ahmad Dahlan. Diawal dengan IKIP Muhammadiyah Yogyakarta tahun 1960. Kemudian karena adanya pengembangan yang dilakukan, nama berubah menjadi Universitas Ahmad Dahlan.

Hingga saat ini UAD menjadi kampus swasta favorit bagi para siswa di berbagai daerah di Indonesia. Selain memiliki kualitas pendidikan yang bagus, fasilitas yang disedikan juga lengkap. Meski begitu mahasiswa perlu mengeluarkan biaya kuliah hingga lulus sampai Rp. 10.000.000 sampai Rp. 48.000.000.

Dengan berbagai fasilitas lengkap yang ada, tentu kamu tertarik ingin menjadi mahasiswa di Universitas Ahmad Dahlan. Kamu bisa daftar langsung secara online. Sedangkan untuk rincian biaya paling lengkap bisa unduh di sini.

11. President University

11. President University
source image: president.ac.id

Di urutan kesebelas kampus termahal di Indonesia ada President University. Perguruan tinggi swasta yang berdiri pada September 1997 oleh S. D. Darmono. Seorang Jababeka Group dan Prof Donal W. Watts yang merupakan Presiden dari Bond University.

Meskipun baru beroperasi di tahun 2001, namun President University mampu bersaing dengan kampus swasta lainnya. Selain memiliki kualitas pendidikan berkualitas, fasilitas akademik maupun non akademi juga lengkap. Hal itu membuat biaya perguruan tinggi swasta tersebut terbilang mahal. Sebab mahasiswa harus mengeluarkan biaya sekitar Rp. 30.000.000.

Apabila tertarik ingin menjadi mahasiswa di kampus tersebut, bisa langsung daftarkan diri secara online atau ke alamat President University di Jl. Ki Hajar Dewantara, RT 2 RW 4, Mekarmukti, Cikarang Utara, Bekasi Regency, Jawa Barat. Untuk dapatkan rincian biaya lengkapnya bisa unduh di sini.

12. London School of Public Relation (LSPR)

12. London School of Public Relation LSPR
source image: bukanbocahbiasa.com

Di urutan terakhir kampus swasta termahal di Indonesia adalah London School of Public Relation. Sebuah kampus yang berdiri di tahun 1992 oleh Yayasan Pesona Pribadi Sejahtera. Terletak di Jl. K. H. Mansyur No. Kav. 35, RT 12 rw 11, Karet Tengsing, Kec. Tanang Abang, Kota Jakarta Pusat, Daerah Ibukota Jakarta.

Karena memiliki perkembangan yang sangat pesat, London School of Public Relation dianggap sebagai kampus swasta termahal di Indonesia. Pasalnya untuk biaya kuliah hingga lulus mulai dari Rp. 21.500.000 sampai Rp. 30.000.0000. Biaya tersebut sudah termasuk biaya pendidikan semester, biaya pengembangan, hingga biaya ujian internasional.

Apabila kamu tertarik ingin menjadi mahasiswa di London School of Public Relation bisa langsung daftarkan diri. Sedangkan rincian biaya lengkapnya bisa diunduh di sini.

Kesimpulan

Kiranya itu pembahasan dari kami mengenai universitas swasta termahal di Indonesia. Semoga dengan adanya ulasan di atas bisa menjadi bahan bacaan menarik serta bisa menjadi bahan pertimbangan bagi kamu yang sedang bingung menentukan kuliah.

Bagikan:

Adit Gunawan

Lulus S2 Bahasa Indonesia yang kini aktif mengajar sebagai dosen dan menulis berbagai informasi pendidikan serta profesi di website Nesaelearning.com.