Gardener KAI Adalah Pengertian, Gaji, Tugas 2024

Adit Gunawan

Gardener KAI AdalahGardener KAI adalah apa? Mungkin pertanyaan tersebut terbesit pada sebagian orang. Karena, memang posisi pekerjaan di KAI tersebut jarang diketahui oleh orang.

Di KAI sendiri ada banyak sekali jenis pekerjaan yang bisa dilakukan. Baik, bekerja di stasiunnya atau di dalam kereta itu sendiri.

Salah satunya adalah sebagai seorang gardener. Pekerjaan yang mungkin masih asing di mata masyarakat. Maka, banyak yang bertanya-tanya tentang profesi tersebut.

Jadi, apa sih sebenarnya gardener itu? Semua akan dikupas dengan lengkap pada pembahasan di bawah ini. Silakan bisa disimak dengan baik.

Pengertian Gardener KAI Adalah

Pengertian Gardener KAI Adalah

Di dalam KAI ada berbagai posisi pekerjaan bisa dilamar. Salah satu posisinya adalah sebagai seorang gardener. Mungkin belum banyak yang tahu apa itu gardener. Karena, memang tidak terlalu populer dibandingkan dengan posisi lainnya.

Jadi, gardener merupakan seseorang yang mengurusi bagian taman di sekitar KAI. Bukan hanya taman saja, tetapi pengelolaan berbagai tanaman di lingkungan tersebut. Bisa dikatakan hal yang berhubungan dengan tanaman atau pohon merupakan tugas gardener.

KAI juga sering membuka lowongan untuk posisi ini. Tentunya harus yang mempunyai pengalaman pada bidang tersebut. Bahkan, terdapat syarat juga harus sudah pernah mengikuti sebuah pelatihan. Tentunya pelatihan tentang pengelolaan tanaman dan sebagainya.

Lanjut baca artikel lainnya dibawah ini:

Gaji Bancassurance Financial Advisor BRI Life 2024Gaji PT Sheba Indah Subang Semua Posisi 2024
Tanggal Gajian PNS Terbaru, Pusat dan Daerah Kapan?Tanggal Gajian Youtube, Jadwal Pembayaran dan Minimal Cair
Tanggal Gajian Pegawai Bank Swasta dan BUMN Bulan Ini 2024Tanggal Gajian Indomaret Terbaru Bulan Ini 2024

Hal ini bisa menjadi kesempatan emas untuk Anda yang suka berkebun. Jadi, bisa menyalurkan hobi pada tempat yang sangat tepat.

Gaji Gardener KAI

Berapa Gaji Gardener
source image: wahananews.co

Mungkin masih banyak yang bertanya-tanya berapa sih gaji seorang gardener. Untuk gajinya sendiri biasanya sesuai dengan kebijakan KAI setempat.

Namun, untuk gaji umumnya yaitu sekitar 3 juta rupiah. Tetapi, biasanya belum termasuk bonus dan juga tunjangan.

Lanjut: 13 Universitas Musik Terbaik di Indonesia 2024

Tentunya gaji yang cukup besar dan sesuai dengan peraturan yang ada. Apalagi, nantinya bisa mendapatkan bonus serta tunjangan yang lebih banyak.

Bonus dan Tunjangan Gardener KAI

Bonus dan Tunjangan
source image: metaranews.co

Selain akan mendapatkan gaji, seorang gardener juga akan mendapatkan beberapa tunjangan. Apa saja tunjangan tersebut? Mari lihat penjelasan lengkapnya di bawah ini:

1. Tunjangan Perumahan

KAI juga menyediakan tunjangan perumahan untuk pegawai KAI. Biasanya, tunjangan ini akan diberikan untuk gardener sudah lama bekerja.

Bisa juga diberikan untuk para pegawai yang bekerja dengan rajin dan profesional. Sehingga, akan mendapatkan rumah di sekitar PT. KAI.

2. Tunjangan Jaminan Kesehatan

Untuk tunjangan kedua yaitu ada jaminan kesehatan. Setiap pegawai berhak untuk mendapatkan tunjangan ini.

Lanjut: 20 Kampus Terluas Di Indonesia, Kamu Perlu Tahu!

Jadi, kesehatan setiap pegawainya sudah dijamin oleh PT. KAI. Sehingga, nantinya bisa bekerja dengan nyaman dan aman.

3. Tunjangan Hari Tua

Pada beberapa kesempatan, KAI juga akan memberikan tunjangan hari tua. Jadi, hidup pegawai tersebut di saat tua sudah dijamin oleh pihak KAI.

Biasanya tunjangan ini diberikan untuk gardener sudah mengabdi lama di KAI tentunya tidak semua pegawai akan mendapatkan tunjangan satu ini.

4. Tunjangan Pensiunan

Terakhir, yaitu ada tunjangan pensiunan. Jangan salah di KAI juga terdapat uang pensiunan untuk para pegawainya.

Lanjut: 17 Materi Les Kelas 1 SD, Semester 1 dan 2 PDF

Tunjangan ini akan diberikan pada pegawai yang bekerja sampai batas usia maksimal. Jadi, walaupun sudah tidak bekerja tetap akan mendapatkan uang pensiunan.

Syarat Melamar Gardener KAI

Syarat Melamar Menjadi Gardener

Terdapat beberapa syarat yang harus dipenuhi bila ingin menjadi gardener di KAI. Inilah beberapa syarat yang harus dipenuhi calon gardener:

1. Usia

Untuk syarat pertama adalah tentang usia. Jadi, untuk melamar menjadi gardener di KAI terdapat batas usianya.

Biasanya minimal usianya adalah 18 tahun dan maksimal 40 tahun. Jadi, bagi yang di bawah atau di atas usia tersebut tidak akan masuk kriteria.

2. Pernah Mengikuti Pelatihan

Syarat selanjutnya adalah pernah mengikuti sebuah pelatihan. Tentunya pelatihan tentang kelola taman atau bisa perawatan sebuah tanaman.

Lanjut: 100 Tema Bazar Sekolah Aesthetic, Judul dan Kegiatan

Jadi, pastikan sudah pernah mengikuti pelatihan tersebut. Biasanya harus dibuktikan dengan sebuah sertifikat.

3. Mempunyai Pengalaman

Sebagai seorang gardener tentunya harus mempunyai pengalaman lebih. Baik itu pengalaman mengelola taman atau merawat berbagai jenis tanaman.

KAI memang membutuhkan orang yang sudah mempunyai pengalaman lebih lama. Jadi, nantinya tidak perlu dilatih lagi dan bisa langsung bekerja.

4. Berkas

Untuk melamar menjadi gardener juga harus mempersiapkan berbagai berkas. Mulai dari salinan KTP, NPWP, KK, kartu vaksin, dan lainnya.

Selain itu, harus melampirkan surat keterangan sehat juga. Jangan lupa ijazah terakhir, surat lamaran pekerjaan, dan juga daftar riwayat hidup atau CV.

Cara Melamar Gardener KAI

Cara Melamar Menjadi Gardener KAI

Ada pun cara atau prosedur untuk melamar menjadi gardener di KAI. Bagaimana caranya? Simak saja tutorial lengkapnya di bawah ini:

  • Persiapkan dahulu berkas-berkas yang dibutuhkan, seperti KTP, NPWP, ijazah, dan berkas lainnya.
  • Sebelum melamar pastikan sudah masuk dalam kriteria yang disebutkan di atas.
  • Setelah itu para pelamar bisa melamar dengan cara online saja.
  • Langsung saja kunjungi halaman websitenya di https://karir.reska.id.
  • Pada halaman tersebut para pelamar akan diarahkan lebih dalam.
  • Seperti mengunggah dokumen atau berkas yang sudah dipersiapkan sebelumnya.
  • Lalu setelah diunggah dengan baik, langsung saja kirim berkas tersebut.
  • Kemudian tunggu saja hingga ada pihak KAI menghubungi.
  • Jika ada yang menghubungi dan meminta dana, maka sudah dipastikan bahwa hal tersebut adalah penipuan.

Jam Kerja Gardener KAI

Untuk jam kerjanya sendiri mengikuti peraturan yang berlaku. Jadi, mengikuti jam kerja umum seperti pegawai pada umumnya.

Biasanya seorang gardener akan mulai bekerja mulai dari jam 8 pagi. Setelah itu bisa selesai hingga jam 5 sore. Pada rentang waktu di atas sudah termasuk jam istirahat. Jadi, gardener tidak akan bekerja seharian penuh.

Mungkin, pada beberapa kesempatan terdapat jam lembur. Tentunya sesuai dengan kebijakan dari KAI setempat juga.

Kesimpulan

Itulah beberapa penjelasan mengenai Gardener KAI. Jika tertarik untuk menjadi Gardener KAI maka Anda bisa langsung kunjungi situs resmi rekrutmen KAI.

Bagikan:

Adit Gunawan

Lulus S2 Bahasa Indonesia yang kini aktif mengajar sebagai dosen dan menulis berbagai informasi pendidikan serta profesi di website Nesaelearning.com.