13 Universitas Musik Terbaik di Indonesia 2024

Adit Gunawan

Bagi mahasiswa baru pecinta seni lewat bunyi atau ritme kini bisa memilih universitas musik terbaik di Indonesia. Selain menjadi indikator utama untuk mempelajari ilmu dalam bermusik, perguruan tinggi bidang ini memungkinkan setiap individu mendapatkan pekerjaan cukup menjanjikan di masa mendatang.

Program studi musik umumnya mempelajari ritme sebagai sarana guna mengekspresikan seni lewat nada maupun irama. Pada jurusan tersebut, universitas berperan sebagai wadah mahasiswa untuk belajar sejarah, teori, produksi, manajemen hingga komposisi musik.

Di Indonesia, kini terdapat beberapa universitas jurusan musik terbaik dan terakreditasi dengan nilai baik oleh BAN-PT (Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi). Mayoritas kampus yang menawarkan bidang tersebut tentu akan memberikan program sesuai kebutuhan serta minat calon mahasiswa.

Jika ingin membangun karir di bidang kesenian dalam bermusik, berikut terdapat beberapa daftar universitas musik terbaik di Indonesia yang sudah nesaelearning.com rangkum sebagai referensi.

Daftar Universitas Musik Terbaik di Indonesia

Daftar Universitas Musik Terbaik di Indonesia
Source Image: www.kompasiana.com

Tidak jauh berbeda dengan universitas musik terbaik di dunia, untuk skala nasional di Indonesia mayoritas kampus tentu memiliki tujuan guna menghasilkan alumni yang sukses baik menjadi musisi ataupun penyanyi.

Namun, untuk biaya kuliah beberapa universitas musik terbaik di Indonesia cenderung lebih terjangkau di banding perguruan tinggi luar negeri. Hal ini didasari lantaran standar nasional maupun internasional cukup berbeda. Selengkapnya terkait daftar kampus unggulan jurusan musik di tanah air:

1. Universitas Pelita Harapan

Universitas Pelita Harapan 1
Source Image: www.uph.edu

Universitas Pelita Harapan merupakan perguruan tinggi di mana menyediakan program S1 Seni Musik dengan bidang studi menarik. Bahkan di dalamnya terdapat beberapa pilihan meliputi Jazz, Pop, Classical Performance, Music Education, Music Therapy, Performing Arts Production & Managemen hingga Sound Design dan Music Composition.

Keperluan biaya kuliah prodi musik di Universitas Pelita Harapan senilai Rp 268.060.000. Dana tersebut mencakup uang muka sebesar Rp 50.000.000, Fasilitas, Jaket dan Orientasi Rp 16.000.000 serta tarif per semester 2 hingga selesai Rp 175.860.000.

2. Universitas Negeri Jakarta

Universitas Negeri Jakarta 1
Source Image: www.unj.ac.id

Universitas Negeri Jakarta di mana menyediakan jurusan Seni Musik serta terbukti sudah sukses melahirkan seniman ternama di dunia permusikan Indonesia yakni Sundari Soekotjo. Kendati UNJ berfokus terhadap aspek pendidikan, tak sedikit lulusan perguruan tinggi ini memiliki karir cemerlang di luar bidang tersebut.

Mahasiswa UNJ yang mendaftar lewat KIP memiliki UKT dengan pengelompokan kategori satu hingga delapan. Ketentuan Uang Kuliah Tunggal itu pun ditetapkan berdasarkan peraturan UU dengan nominal Rp 500.000 hingga Rp 7.400.000.

3. Universitas Negeri Semarang

Universitas Negeri Semarang 1
Source Image: lib.unnes.ac.id

Universitas Negeri Semarang menawarkan program cukup lengkap pada jurusan seni musik mencakup jenjang Sarjana, Magister serta Doktor. Tidak hanya itu, UNNES juga menjalin kerja sama di bidang kesenian dengan Bangkok Faculty Exchange Academy serta Taipei National of Art.

Adanya kerja sama UNNES dengan beberapa pihak internasional tentu memungkinkan setiap mahasiswa mendapatkan wawasan luas. Jika tertarik menjadi peserta didik di salah satu universitas musik terbaik di Indonesia ini, terdapat ketentuan biaya UKT per semester 3 sampai 8 senilai Rp 2.750.000 – Rp 7.000.000.

4. Universitas Negeri Malang

Universitas Negeri Malang 2
Source Image: um.ac.id

Kampus musik terbaik di Indonesia berikutnya adalah Universitas Negeri Malang. Di mana hal ini satu prodi dengan seni tari. Jurusan tersebut telah mendapatkan akreditasi BAN-PT dengan nilai A sejak tahun 2017. Adapun bidang ini berada di bawah naungan Fakultas Sastra bersama jurusan Desain.

Sementara keperluan biaya kuliah di Universitas Negeri Malang mencakup Sumbangan Pengembangan Sarana Akademik atau SPSA senilai Rp 15.000.000. sementara kategori UKT semester 1 sampai 7 berkisar antara Rp 1.000.000 hingga Rp 5.700.000.

5. Universitas Sumatera Utara

Universitas Sumatera Utara
Source Image: www.usu.ac.id

USU termasuk jajaran universitas musik terbaik di Indonesia, khususnya wilayah kota Medan. Di mana jurusan etnomusikologi telah memperoleh akreditasi A sejak 2017 lalu. menurut laman bidang tersebut, jurusannya berada di bawah fakultas Ilmu Budaya pertama di tanah air.

Adapun mata kuliah yang akan mahasiswa pelajari di antaranya pengantar Etnomusikologi, Praktik Musik Nusantara Pilihan hingga ritual. Sementara keperluan dana UKT I – VIII berkisar dari Rp 500.000 hingga Rp 5.000.000. Sedangkan bagi calon mahasiswa jalur mandiri senilai Rp 8.000.000.

6. Universitas Syiah Kuala

Universitas Syiah Kuala 2
Source Image: usk.ac.id

Fakultas Keguruan serta Ilmu Pendidikan Universitas Syia Kuala menawarkan jurusan Seni Drama Tari dan Musik di mana sudah mendapatkan akreditasi “Unggul” dari BAN-PT. Apabila memiliki impian menjadi music interpreter, composer hingga arranger kampus ini adalah sebuah solusi terbaik.

Selain menjadi kampus unggulan bidang musik, Unsyiah juga merupakan universitas pertambangan terbaik di Indonesia. Sementara keperluan biaya kuliah seni jenjang S1 di perguruan tinggi ini berada di kisaran Rp 5.000.000 per semester.

7. Universitas Negeri Yogyakarta

Universitas Negeri Yogyakarta 1
Source Image: www.detik.com

UNY merupakan salah satu rekomendasi universitas musik terbaik di Indonesia, di mana kampus tersebut menyediakan jurusan terkait yang sudah mendapatkan akreditasi “Unggul” oleh BAN-PT. Bidang tersebut berada di bawah naungan Fakultas Bahasa, Budaya serta Seni.

Jika tertarik menjadi pendidik, pencipta, penyanyi hingga musisi, setiap individu bisa menjadikan UNY sebagai solusi terbaik untuk dipilih. Adapun Uang Kuliah Tunggal di Universitas Negeri Yogyakarta prodi musik di kisaran Rp 500.000 sampai Rp 6.500.000.

8. Universitas Pendidikan Indonesia

Universitas Pendidikan Indonesia
Source Image: maukuliah.id

Fakultas Pendidikan Seni dan Desain UPI memiliki dua jurusan fokus pada bidang terkait yakni Seni Musik dengan akreditasi A dengan fokus utama menghasilkan calon guru atau profesional di bidang terkait.

Sementara Jurusan Musik terakreditasi “Baik” di UPI berfokus guna memperdalam musikologi serta mengedukasi peserta didik agar menjadi profesional di bidang serupa. Adapun keperluan biaya kedua jurusan tersebut memiliki nilai sama yakni UKT I sampai VIII sebesar Rp 500.000 hingga Rp 6.910.000.

9. Universitas Negeri Medan

Universitas Negeri Medan
Source Image: campus.quipper.com

Sebagai Perguruan Tinggi Negeri, Universitas Negeri Medan kini menerapkan sistem Uang Kuliah Tunggal. Bagi calon mahasiswa yang lulus dari seleksi SBMPTN atau hendak mendaftar di Unimed, terdapat ketentuan 8 kategori UKT termasuk program Sarjana (S1) Pendidikan Seni Musik.

Adapun uraian Uang Kuliah Tunggal di salah satu universitas musik terbaik di Indonesia ini mulai per kelompok 1 Rp 500.000, Rp 1.000.000, Rp 1.400.000, Rp 2.300.000, Rp 3.300.000, Rp 5.000.000 hingga Rp 6.000.000.

10. Universitas Negeri Surabaya

Universitas Negeri Surabaya 1
Source Image: bem.unesa.ac.id

Universitas musik terbaik di Indonesia berikutnya adalah UNESA, di mana akreditasi dari BAN-PT untuk kampus dengan jurusan tersebut memiliki nilai B. Perguruan Tinggi Negeri Surabaya juga menyediakan 2 program seperti UPI, sehingga setiap mahasiswa bisa menentukan pilihan sesuai minatnya.

Kendati tidak terakreditasi “Unggul” seperti kebanyakan universitas musik terbaik di Indonesia sebelumnya, UNESA tetap dapat dijadikan sebagai pilihan. Pasalnya, Universitas Negeri Surabaya menyandang status PTN di mana biaya masuk program Sarjana mulai dari Rp 3.840.000 sampai Rp 11.100.000.

11. Sekolah Tinggi Seni Musik Bandung

Sekolah Tinggi Seni Musik Bandung
Source Image: campus.quipper.com

Sekolah Tinggi Seni Musik Bandung atau STIMB adalah Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di mana sudah aktif sejak 2001 sampai sekarang. Hingga kini, kampus tersebut masih dipercaya mengelola pendidikan kesenian dengan menyediakan dua program studi D3 Penyaji Musik dan Sarjana Seni Musik.

Biaya kuliah seni musik di STIMB berkisar antara Rp 500.000 sampai Rp 7.500.000 per UKT I hingga V. Namun besaran tersebut tidak valid untuk semua calon mahasiswa, pasalnya nominalnya tergantung penghasilan kedua orang tua peserta didik.

12. Institut Seni Indonesia Yogyakarta

Institut Seni Indonesia Yogyakarta
Source Image: www.tribunnewswiki.com

Institut Seni Indonesia Yogyakarta memiliki 3 fakultas di mana terbagi menjadi beberapa program. Untuk bidang musik sendiri tersedia prodi S1, Pendidikan maupun Penciptaan. Sementara Penyajian Musik terdapat program D4. Calonm mahasiswa ISI Yogyakarta juga bisa masuk lewat SNMPTN, SBMPTN ataupun jalur mandiri.

Sementara untuk biaya kuliah ISI Yogyakarta khusus jalur mandiri harus memberikan SPI atau IPI senilai Rp 2.000.000 hingga Rp 12.000.000. Sedangkan kebutuhan UKT semua jurusan musik di Institut Seni Indonesia Yogyakarta ini berkisar antara Rp 500.000 sampai Rp 2.200.000.

13. Institut Kesenian Jakarta

Institut Kesenian Jakarta
Source Image: senirupaikj.ac.id

Institut Kesenian Jakarta adalah salah satu perguruan tinggi terbaik serta menjadi pilihan utama seniman Indonesia guna mendalami passion mereka. IKJ sendiri sudah mengukir sejarah sebagai institusi pertama dengan kepemilikan semua bidang studi seni di dalamnya.

Dengan kredibilitasnya, IKJ telah melahirkan musisi terkenal di Indonesia seperti Iwan Fals maupun grup band Naif. Jurusan musik di Institut Kesenian Jakarta berada di bawah naungan Fakultas Seni dan Pertunjukan bersama prodi Teater, Tari, Etnomusikologi serta Antropologi.

Untuk program seni musik di Institut Kesenian Jakarta terdapat beberapa ketentuan seperti biaya UKT Rp 16.000.000, Uang Pangkal Rp 6.000.000 serta Uang Jaket, PPSA, Asuransi Mahasiswa dll Rp 1.500.000. Sebelum mendaftar ada juga beberapa kebutuhan seperti pembayaran formulir senilai Rp 500.000.

Kesimpulan

Sekian pembahasan terkait daftar universitas musik terbaik di Indonesia lengkap disertai adanya informasi biaya kuliah, UKT pendaftaran masing-masing perguruan tinggi di atas. Semoga bahasan nesaelearning.com bermanfaat serta menambah wawasan luas terkait PTN atau PTS kredibel lain di Indonesia.

Bagikan:

Adit Gunawan

Lulus S2 Bahasa Indonesia yang kini aktif mengajar sebagai dosen dan menulis berbagai informasi pendidikan serta profesi di website Nesaelearning.com.