30 Universitas Pertambangan Terbaik di Indonesia 2024

Adit Gunawan

Bagi remaja SMA jika memiliki preferensi kerja pada industri tambang, penting untuk mengetahui beberapa universitas pertambangan terbaik di Indonesia sebagai persiapan. Pasalnya profesi tersebut tidak mudah dilakukan tanpa adanya keahlian, sehingga setiap individu perlu mempersiapkan dari jauh hari.

Adapun hal paling penting untuk dipersiapkan adalah mengambil jurusan pertambangan yang tersedia di salah satu universitas tujuan. Di mana bidang tersebut tersedia di banyak kampus terbaik di Indonesia di mana sudah tersebar luas mencakup kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung dan lain sebagainya.

Dengan menempuh pendidikan di salah satu universitas pertambangan terbaik di Indonesia, tentu setiap peserta didik akan lebih memahami industri tambang serta penggunaan teknologi di dalamnya.

Namun, banyaknya pilihan perguruan tinggi di jurusan teknik tersebut mungkin kerap mengakibatkan kebingungan. Maka dari itu, nesaelearning.com sudah sediakan rekomendasi universitas pertambangan terbaik di Indonesia untuk dijadikan sebagai referensi.

Universitas Pertambangan Terbaik di Indonesia

Diketahui, syarat masuk perusahaan tambang membutuhkan pendidikan tertentu serta pengalaman di sektor yang relevan. Maka dari itu, untuk kalangan remaja SMA atau SMK sederajat sebaiknya menempuh pendidikan lanjut di universitas jurusan pertambangan terbaik di Indonesia.

Jika telah membulatkan tekad hendak menempuh pendidikan industri tambang ke jenjang lebih lanjut, pastikan untuk memilih jurusan teknik serta universitas terbaik di Indonesia. Berikut adalah referensi nesaelearning.com di mana beberapa kampus di bawah sudah termasuk dalam data BAN-PT atau Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi.

1. Institut Teknologi Bandung

Institut Teknologi Bandung
Source Image: itb.ac.id

Rekomendasi universitas pertambangan terbaik di Indonesia yang pertama ialah Institut Teknologi Bandung atau akrab dengan sebutan ITB. Di mana kampus tersebut memiliki penawaran kurikulum lengkap serta terkenal akan bidang eksplorasi, pengembangan hingga pengolahan sumber daya mineral.

Dengan akreditasi unggul dari BAN-PT, universitas ini telah menghasilkan banyak individu sukses pada geliat pertambangan tanah air. Sementara dana kuliah di ITB hampir di semua jurusan terbagi menjadi beberapa kategori mencakup jalur SNPB atau SNBT sebesar:

  • UKT 1 : Rp 0
  • UKT 2 : Rp 1.000.000
  • UKT 3 : Rp 5.000.000
  • UKT 4 : Rp 8.750.000
  • UKT 5 : Rp 12.500.000

Sementara besaran UKT di mana perlu dibayar setiap mahasiswa jalur mandiri per semester berkisar dari Rp 12.500.000 hingga Rp 25.000.000. Sementara nominal uang pangkal atau IPI yakni Rp 25.000.000 sampai dengan Rp 40.000.000.

2. Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta

Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta
Source Image: www.quipper.com

Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta sukses mengantongi akreditasi unggul sebagai salah satu perguruan tinggi jurusan pertambangan terbaik di Indonesia. Selain itu, terdapat pengelompokan UKT pada program Diploma maupun Sarjana bagi jalur penerimaan SNBP, SNBT serta jalur mandiri.

Adanya pengelompokan UKT tersebut ditentukan sesuai penghasilan kotor orang tua, pendapatan tambahan, pengeluaran rutin, Pajak Bumi Bangunan (PBB), total tanggungan dan masih banyak lagi. Di mana besaran UKT per semester jurusan teknik pertambangan sendiri berada di angka:

  • UKT I: Rp 500.000
  • UKT II: Rp 1.000.000
  • UKT III: Rp 2.500.000
  • UKT IV: Rp 4.000.000
  • UKT V: Rp 5.500.000
  • UKT VI: Rp 7.000.000
  • UKT VII: Rp 8.500.000
  • UKT VIII: Rp 9.932.000

3. Universitas Khairun

Universitas Khairun
Source Image: homecare24.id

Universitas Khairun atau UNKHAIR adalah PTN di Provinsi Maluku Utara di mana sudah berdiri sejak tahun 15 Agustus 1964 serta mendapatkan pengakuan terkait dikeluarkannya status kedudukan kampus tersebut menjadi Perguruan Tinggi Negeri sesuai Surat Keputusan Presiden RI Nomor. 18 Tahun 2004.

Tak mau kalah, Universitas Khairun tidak hanya menawarkan jurusan kedokteran, pertanian maupun keguruan. Di mana terdapat fakultas teknik mencakup pendidikan informatika, arsitektur, elektro, mesin hingga pertambangan dengan estimasi biaya per semester Rp 500.000 sampai Rp 4.284.950.

4. Universitas Teknologi Sumbawa

Universitas Teknologi Sumbawa
Source Image: riskamaliksaima.medium.com

Universitas pertambangan terbaik di Indonesia berikutnya adalah UTS atau Universitas Teknologi Sumbawa. Di mana perguruan tinggi ini menjadi solusi bagi banyak kalangan untuk meraih kesempatan kuliah tanpa keberatan akan biaya. Hal demikian lantaran pihak Universitas Teknologi Sumbawa memberikan keringanan kepada calon mahasiswanya dengan metode angsuran.

Adapun biaya keperluan mendaftar di Universitas Teknologi Sumbawa yakni Rp 300.000, daftar ulang Rp 750.000, Biaya DPP Rp 3.350.000, SPP Rp 2.000.000 per semester hingga Biaya per SKS Rp 50.000.

5. Universitas Jember

Universitas Jember
Source Image: jatimnet.com

Perguruan tinggi terbaik jurusan pertambangan di Indonesia berikutnya adalah Universitas Jember, di mana akreditasi Unej sendiri memiliki nilai “Baik”. Di mana Uang Kuliah Tunggal mahasiswa baru program Diploma maupun Sarjana lewat SBMPTBR atau Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi se-Besuki Raya berkisar dari Rp 3.000.000 sampai Rp 6.000.000.

6. Universitas Jambi

Universitas Jambi
Source Image: internationaloffice.unja.ac.id

Sama halnya sejumlah perguruan Tinggi Negeri lain yang menerapkan uang pangkal bagi mahasiswa baru. Pada awal masa kuliah, Universitas Jambi menggunakan istilah SPI atau Sumbangan Pengembangan Institusi bagi peserta didik di program studi UNJA di mana diterima lewat jalur SMMPTN.

Bagi yang hendak mengikuti Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri Wilayah Barat tahun berikutnya, khusus jurusan teknik pertambangan setidaknya siapkan uang sejumlah Rp 12.500.000.

7. Universitas Muhammadiyah Kendari

Universitas Muhammadiyah Kendari
Source Image: pmb.umkendari.ac.id

Perguruan tinggi pertambangan terbaik di Indonesia rekomendasi dari nesaelearning.com berikutnya yakni Universitas Muhammadiyah Kendari di mana sudah mendapatkan nilai akreditasi B. Di mana untuk biaya BPP mahasiswa baru sebesar Rp 3.750.000.

Selain itu terdapat keperluan lain seperti pendaftaran program Sarjana sebesar Rp 300.000, program Pascasarjana Rp500.000 serta pengembangan sarana dan prasarana dengan skema cicilan 3 semester senilai Rp 3.500.000.

8. Universitas Bosowa

Universitas Bosowa
Source Image: makassar.tribunnews.com

Unibos atau Universitas Bosowa Makassar menjadi perguruan tinggi swasta sejak 9 Desember tahun 1985. Di mana kampus ini telah mendapatkan nilai akreditasi B sehingga memungkinkan setiap lulusan SMA/ SMK sederajat menjadikannya sebagai sarana untuk menempuh pendidikan lanjut.

Adapun jurusan teknik pertambangan ini juga dinilai cukup baik dengan biaya terendah Rp 5.000.000 hingga Rp6.000.000. Sementara itu, terdapat beberapa prodi lain seperti ekonomi, bisnis, ilmu sosial, pertanian, hukum, sastra, psikologi hingga FKIP dengan nominal tidak berbeda jauh.

9. Universitas Bangka Belitung

Universitas Bangka Belitung
Source Image: www.ubb.ac.id

Kehadiran Universitas Bangka Belitung sejak 2006 lalu adalah sebuah cita-cita lama yang telah mengakar pada masyarakat Serumpun. Pendirian UBB sendiri yakni dari hasil penyatuan poilteknik manufaktur timah, SPITER Bangka serta STTP 12.

Meskipun memiliki nilai C, pengalaman belajar di universitas dengan jurusan hukum, ilmu sosial dan politik, pertanian, perikanan, biologi hingga ekonomi akan membangkitkan semangat para mahasiswa. Adapun biaya kuliah pertambangan di UBB di kisaran Rp 3.000.000 per semester.

10. Universitas Syiah Kuala

Universitas Syiah Kuala
Source Image: www.bachelorstudies.co.id

Universitas Syiah Kuala pun memiliki jurusan teknik pertambangan, di mana perguruan tinggi ini mendapatkan akreditasi dengan nilai “Baik Sekali” sehingga tidak perlu diragukan lagi ketika hendak mendaftar di UNSYIAH. Sementara untuk keperluan biaya senilai Rp 11.767.000.

Sementara itu, terdapat ketentuan Uang Kuliah Tunggal kelompok I hingga VIII berkisar antara Rp 500.000 sampai dengan Rp 10.625.000.

11. Universitas Sembilanbelas November Kolaka

Universitas Sembilanbelas November Kolaka
Source Image: musnajamusn.wordpress.com

Universitas pertambangan terbaik di Indonesia rekomendasi selanjutnya yakni perguruan tinggi Sembilanbelas November Kolaka. Di mana pada kampus tersebut tersedia prodi keguruan, pertanian, sains, ilmu sosial, politik, hukum serta teknologi informasi.

Berdasarkan data, bidang pertambangan di Universitas Sembilanbelas November Kolaka sendiri menjadi jurusan favorit. Terlebih UKT di USN relatif terjangkau dan terbagi menjadi 5 kelompok mulai dari Rp 500.000 hingga Rp 2.500.000.

12. Universitas Nusa Cendana

Universitas Nusa Cendana
Source Image: masuk-ptn.com

Selain menjadi salah satu universitas pertambangan terbaik di Indonesia, PTN Nusa Cendana sendiri merupakan perguruan tinggi pertama di Provinsi NTT (Nusa Tenggara Timur). Bahkan setiap periode pendaftaran, banyak calon mahasiswa datang untuk menempuh pendidikan di Undana.

Untuk kuliah di Universitas Nusa Cendana semua jurusan termasuk pertambangan, terdapat beberapa sumber dana mencakup UKT maupun uang pangkal. Apabila calon mahasiswa masuk lewat Seleksi Mandiri Masuk Undana, pendaftaran akan dikenai Rp 500.000. Sementara keperluan sejumlah Uang Kuliah Tunggal mulai dari Rp 500.000 – Rp 3.000.000.

13. Universitas Mulawarman

Universitas Mulawarman
Source Image: kaltimtoday.co

Universitas Mulawarman menjadi salah satu Perguruan Tinggi Negeri favorit masyarakat Samarinda di mana menyediakan prodi bidang pertambangan terbaik di Indonesia. Adapun setiap periode penerimaan peserta didik, calon mahasiswa baru akan dikenai uang pendaftaran senilai Rp 175.000 untuk semua program Pascasarjana.

Sementara bagi calon mahasiswa dengan jenjang D3 teknik pertambangan jalur SNMPTN atau SBMPTN biaya kuliah untuk disiapkan paling tidak sebesar Rp 16.418.000. Selain itu, terdapat pengelompokan UKT Rp 500.000 sampai Rp 3.700.000.

14. Universitas Lambung Mangkurat

Universitas Lambung Mangkurat
Source Image: ulm.ac.id

Tidak hanya di beberapa pulau besar Indonesia, melainkan kualitas pendidikan Universitas Lambung Mangkurat mencakup keseluruhan tanah air. UNLAM mengusung visi keunggulan mutu, kemampuan institusi untuk bersaing serta optimalisasi lahan basah.

Meskipun pada pengelompokan akreditasi nilainya tidak sebaik ITB atau Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta, perguruan tinggi tersebut patut dijadikan alternatif bagi peminat bidang pertambangan. Terlebih keperluan kuliah di UNLAM relatif terjangkau yakni di kisaran Rp 6.000.000 per semester dan UKT Kelompok II mulai dari Rp 980.000 hingga Rp 4.500.000.

15. Universitas Sriwijaya

Universitas Sriwijaya 1
Source Image: www.tentangguru.com

Selain popularitas akan kredibilitasnya sebagai kampus unggulan, Universitas Sriwijaya juga menyediakan jurusan pertambangan dengan penilaian terbaik di Indonesia. Untuk kuliah di perguruan tinggi ini, setiap calon mahasiswa wajib mengetahui jalur penerimaan lewat SNBT atau USM UNSRI.

Sementara biaya kuliah di fakultas teknik pertambangan di Universitas Sriwijaya berada di kisaran Rp 9.120.000. Namun penetapan tarif tersebut berlaku untuk mahasiswa dari jalur USM. Sehingga nominalnya cenderung lebih mahal dibanding kandidat di mana lolos dari jalur SNBP atau SNBT.

16. Universitas Kutai Kartanegara Tenggarong

Universitas Kutai Kartanegara Tenggarong
Source Image: id.wikipedia.org

Rekomendasi universitas pertambangan terbaik di Indonesia selanjutnya adalah UNIKARTA. Di mana perguruan tinggi tersebut memiliki nilai akreditasi “Baik” berlaku sampai 20 April 2028. Adapun ketika hendak mendaftar jurusan industri tambang, terdapat biaya pendaftaran tiap gelombang mulai dari Rp 175.000, Rp 225.000 dan Rp 275.000.

17. Universitas Hasanuddin

Universitas Pertambangan Terbaik di Indonesia Universitas Hasanudin
Source Image: www.unhas.ac.id

Jika ingin mendalami ilmu bidang pertambangan, universitas Hasanuddin adalah pilihan terbaik bagi seluruh masyarakat Indonesia. Selain itu, biaya kuliah jalur mandiri kampus tersebut hanya terbagi menjadi UKT serta dana pengembangan saja.

Nominal Uang Kuliah Tunggal jalur mandiri Universitas Hasanuddin jurusan pertambangan berada di angka Rp 7.750.000. Sementara dana pengembangan bagi mahasiswa yang mendaftar bidang industri tambang memerlukan dana pengembangan senilai Rp 70.000.000.

18. Universitas Pattimura

Universitas Pattimura
Source Image: Youtube UNPATTI CHANNEL

Universitas pertambangan terbaik di Indonesia setelahnya yakni UNPATTI atau Universitas Pattimura. Namun, ketersediaan jurusan terkait industri tambang di kampus tersebut hanya mencakup bidang perminyakan. Sehingga rasio pendaftaran saat penerimaan mahasiswa baru cenderung dalam jumlah kecil.

Adapun biaya kuliah pertambangan di Universitas Pattimura berkisar antara Rp 2.000.000 sampai Rp 2.500.000 per semester.

19. Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
Source Image: www.linkedin.com

Universitas Bhayangkara Jakarta Raya mendapatkan nilai akreditasi B oleh BAN-PT. Di mana kampus ini memiliki dua gedung di wilayah Jakarta Selatan serta Bekasi. Jika ingin kuliah pendidikan teknik pertambangan di UBHARA JAYA, setidaknya siapkan sejumlah uang sebesar Rp 5.000.000 per semester.

20. Universitas Proklamasi 45

Universitas Proklamasi 45
Source Image: up45.ac.id

Tidak jauh berbeda dengan Unniversitas Pattimura, UP 45 memiliki jurusan pertambangan khusus bidang perminyakan. Selain memberikan pendidikan berkualitas kepada peserta didik di mana terbatas oleh waktu. Program kelas mahasiswa kampus Proklamasi 45 memiliki keunggulan seperti semua program studi rata-rata terakreditasi B.

Adapun pembayaran awal jurusan pertambangan bidang minyak senilai Rp 1.200.000. Sementara itu, biaya kuliah dengan nominal sama Rp 1.200.0000 namun sudah mencakup kebutuhan SPP, SKS serta ujian.

21. Institut Teknologi Sumatera

Institut Teknologi Sumatera
Source Image: coretananaksmk2.blogspot.com

Institut Teknologi Sumatera sendiri merupakan perguruan tinggi di mana menawarkan jurusan pertambangan. Di mana sejak tahun 2021 ITERA sudah menetapkan Uang Kuliah Tunggal atau UKT berdasarkan Keputusan Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan RI.

Adapun Uang Kuliah Tunggal Institut Teknologi Sumatera terbagi menjadi 8 kelompok pada semua bidang termasuk pertambangan mulai dari Rp 500.000 hingga Rp 9.500.000. Sementara SPI bagi mahasiswa calon mandiri berada di kisaran Rp 25.000.000.

22. Institut Teknologi Sains Bandung

Institut Teknologi Sains Bandung
Source Image: institut-teknologi-dan-sains-bandung.business.site

Pendidikan pertambangan di Institut Teknologi Sains Bandung tidak jauh berbeda dengan universitas lain di Indonesia. Pasalnya, perguruan tinggi ini menerapkan UKT pada program reguler serta jalur transfer. Di mana besaran biaya bergantung jenjang pendidikan pilihan peserta didik.

Untuk program Diploma (D3) ataupun Sarjana (S1), diberlakukan uang pangkal sekali bayar senilai Rp 4.000.000, serta biaya kuliah Rp 6.600.000 (Dapat dicicil selama 5 kali per semester).

23. Sekolah Tinggi Teknologi Migas

Sekolah Tinggi Teknologi Migas
Source Image: www.rumah123.com

STT Migas Balikpapan juga termasuk dalam jajaran universitas pertambangan terbaik di Indonesia. Di mana Perguruan Tinggi Swasta ini memiliki fokus bidang teknologi minyak maupun gas bumi. Kampus ini juga memiliki segudang prestasi sebagai bukti kredibilitasnya.

Biaya kuliah di sekolah tinggi bidang pertambangan sendiri terbagi menjadi 2 program yakni D3 teknik pengolahan migas dengan SPP Rp 5.000.000 serta sertifikasi senilai Rp 7.000.000 per semester. Sementara S1 perminyakan tarif SPP maupun sertifikasi masing-masing adalah Rp 6.000.000 dan Rp 7.000.000.

24. Universitas Islam Riau

Universitas Islam Riau

Universitas Islam Riau pada tahun 2023/ 2024 tidak menetapkan biaya sumbangan atau SPI bagi mahasiswa baru di mana telah dinyatakan lulus. Adapun beban pembayaran saat menyelesaikan PMB UIR adalah tarif semester 1 yakni program S1 tahap pertama Rp 6.325.000 dan tahap berikutnya Rp 2.600.000.

Dengan kata lain, total pembayaran lunas biaya kuliah di salah satu universitas pertambangan terbaik di Indonesia ini sebesar Rp 8.925.000.

25. Universitas Islam Bandung

Universitas Islam Bandung
Source Image: www.indonesiacollege.co.id

Universitas pertambangan terbaik di Indonesia selanjutnya adalah UNISBA di mana menerapkan biaya IPU Rp 6.050.000, IKT Rp 7.550.000, ISKS Rp 225.000, IPF Rp 4.000.000, Baitul Maal Rp 100.000. Sementara itu, total dana kuliah pertambangan di Universitas Islam Bandung dengan jumlah 143 SKS yakni Rp 72.525.000.

26. Universitas Tanri Abeng

Universitas Tanri Abeng
Source Image: biayakuliah.co

Universitas Tanri Abeng menawarkan standar akademik cukup tinggi disertai kurikulum yang menyesuaikan perguruan tinggi di Inggris maupun Amerika Serikat. Di mana sistem regulasi administrasi kampus telah memperoleh sertifikasi dari United Registration of System atau URS untuk ISO 9001 – 2008.

Adanya tes bagi calon mahasiswa agar bisa diterima di Universitas Tanri Abeng akan membantu setiap peserta didik memilih bidang sesuai minatnya. Adapun dana kuliah pertambangan di TAU mencakup uang gedung sebesar Rp 25.000.000, uang pangkal Rp 3.000.000 serta Rp 6.000.000 per semester.

27. Universitas Trisakti

Universitas Trisakti
Source Image: www.liputan6.com

28. Universitas Muhammadiyah Mataram

Universitas Muhammadiyah Mataram
Source Image: sbmptmu.id

Faukultas Teknik UMMat berdiri sejak 25 Juli 1980, sampai saat ini salah satu universitas tersebut mempunyai dua program jenjang S1 teknik sipil serta teknik perencanaan wilayah dan kota. Sementara prodi pertambangan sendiri hanya tersedia jenjang Diploma (D3).

Terakreditasi B oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi, Universitas Muhammadiyah Mataram menawarkan program teknik pertambangan dengan biaya relatif terjangkau yakni rata-rata Rp 4.000.000 per semester.

29. Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya

Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya
Source Image: radartasik.id

Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya menetapkan biaya masuk dan pendidikan penerimaan tahun 2024 berdasarkan kebutuhan formulir senilai Rp 250.000, tes kesehatan FIKes Rp 200.000, tes Kesehatan FKIP Rp 100.000 hingga registrasi awal Rp 2.500.000.

Adapun ketentuan calon mahasiswa untuk pembayaran BPU (Biaya Pengembangan Universitas) sebesar Rp 600.000, BOP (Biaya Operasional Pendidikan) Rp 1.700.000, BOK (Biaya Operasional Kuliah) Rp 2.120.000. Jumlah uang untuk melunasi registrasi saat hendak masuk hingga periode awal kuliahnya yakni Rp 4.420.000 dengan estimasi 24 SKS.

30. Universitas Pertamina

Universitas Pertamina
Source Image: bic.id

Bagi kalangan remaja di mana hendak kuliah di Universitas Pertamina, perlu diketahui bahwa terdapat komponen pembiayaan SPI satu kali di awal. Penentuan Sumbangan Pembangunan Institusi ini disesuaikan berdasarkan penghasilan kedua orang tua mahasiswa.

Sementara dana kuliah di Universitas Pertamina jurusan pertambangan atau teknik perminyakan setiap waktunya bisa berubah. Mulai Januari hingga September 2024, nominalnya berada di angka Rp 14.500.000.

Kesimpulan

Sekian informasi terkait rekomendasi universitas pertambangan terbaik di Indonesia beserta estimasi dana pendaftaran, kuliah, Sumbangan Pembangunan Institusi serta UKT per kelompok yang tersedia di masing-masing perguruan tinggi.

Penting untuk diingat jika besaran nominal sejumlah uang di atas sangat mungkin mengalami perubahan menyesuaikan kebijakan yayasan maupun pengelola universitas. Sekian informasi dari nesaelearning.com. Semoga bermanfaat serta memperluas wawasan khalayak luas.

Bagikan:

Adit Gunawan

Lulus S2 Bahasa Indonesia yang kini aktif mengajar sebagai dosen dan menulis berbagai informasi pendidikan serta profesi di website Nesaelearning.com.