10 Universitas Fashion Design Terbaik di Indonesia 2024

Adit Gunawan

Bagi siswa SMA/ SMK yang memiliki bakat membuat desain tata busana, kini terdapat beberapa universitas fashion design terbaik di Indonesia. Pilihan konsentrasi di dalamnya cukup bervariasi dan dapat dijadikan sebagai media untuk mendalami ilmu di bidang tersebut.

Selain memperluas pengetahuan fashion di kehidupan sehari-hari, calon mahasiswa juga akan diberikan pembelajaran secara menyeluruh. Mulai dari tata cara mengekspresikan diri, mencerminkan identitas individu serta mampu mengikuti tren terbaik di Indonesia ataupun luar negeri.

Saat menjadi mahasiswa di universitas fashion design terbaik di Indonesia, peserta didik akan dibekali ilmu untuk menghasilkan gaya dan preferensi berbeda. Mengingat budaya, lingkungan serta kepribadian berpengaruh terhadap cara berpakaian. setiap siswa tentu akan menerima pembekalan guna mengembangkan kreativitasnya.

Sampai saat ini, terdapat beberapa universitas fashion design terbaik di Indonesia. Bahkan beberapa di antaranya sudah mendapatkan akreditasi “Unggul” dari BAN-PT. Maka dari itu, pastikan untuk menimba ilmu di kampus yang tepat.

Daftar Universitas Fashion Design Terbaik Indonesia

Daftar Universitas Fashion Design Terbaik Indonesia
Source Image: www.idntimes.com

Selain menawarkan peluang karir cukup luas, lulusan universitas fashion design terbaik di Indonesia juga memiliki kesempatan untuk memperdalam industri mode. Bahkan tidak sedikit alumni perguruan tinggi jurusan tata busana bekerja sebagai desainer, perancang, stylist, manager produksi hingga memulai bisnis pribadi.

Selain mengajarkan aspek desain maupun teknis, mayoritas universitas fashion design terbaik di Indonesia juga membekali pemahaman terkait manajemen bisnis serta pemasaran di dalam konteks pakaian. Sebagai persiapan untuk menempuh pendidikan jenjang lanjut di kampus, berikut rekomendasi PTN atau PTS unggulan jurusan tata busana tanah air.

1. Universitas Negeri Yogyakarta

Universitas Negeri Yogyakarta
Source Image: kumparan.com

Rekomendasi pertama terkait universitas fashion design terbaik di Indonesia dari nesaelearning.com ialah UNY. Di mana jurusan tata busana di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) ini telah mendapatkan akreditasi A. Selain itu prodi tersebut akan memberikan pelajaran mengenai konsep pengetahuan bidang serupa yang berorientasi dari life skill, mempelajari prinsip serta perencanaan.

Bagi calon mahasiswa yang sudah dinyatakan lolos SNMPTN, SBMPTN atau jalur masuk lain ke jurusan tata busana atau fashion design terdapat ketentuan UKT senilai Rp 500.000 sampai dengan Rp 7.250.000.

2. Universitas Negeri Semarang

Universitas Negeri Semarang 2
Source Image: unnes.ac.id

Selain menjadi salah satu universitas musik terbaik di Indonesia, UNNES juga dinobatkan sebagai kampus unggulan terkait jurusan fashion design tanah air. Kendati memiliki akreditasi B, visi misi PTN tersebut dalam prodi tata busana sangat mendukung mahasiswa untuk memiliki kompetensi bidang serupa serta mampu menghasilkan generasi unggul nan profesional.

Penentuan biaya kuliah UNNES di dasarkan pada kemampuan finansial wali mahasiswa. Bisa dikatakan dokumen sangat diperlukan guna membuktikan keuangan keluarga. Setelah keputusan di ambil, rincian UKT jurusan tata busana di Universitas Negeri Semarang berada di angka Rp 3.300.000 hingga Rp 8.000.000 per semester.

3. Universitas Bina Nusantara

Universitas Bina Nusantara 1
Source Image: kelaskaryawan.org

Universitas Bina Nusantara menjadi salah satu PTS terbaik di Indonesia yang cukup kredibel untuk dijadikan sebagai pilihan siswa dengan minat bidang fashion design di jenjang perguruan tinggi. Bahkan menurut versi peringkat EduRank, Binus menduduki peringkat 11 di Asia untuk jurusan tata busana.

Dengan kredibilitas tersebut, setiap calon mahasiswa tentu tidak perlu meragukan lagi kualitas tenaga pendidik di kampus tersebut. Adapun keperluan biaya masuk Universitas Bina Nusantara terbagi menjadi beberapa poin mulai dari Rp 47.000.000 untuk DP3 (Sumbangan), Rp 22.800.000 per semester, Rp 2.850.000 (Laboratorium) serta Rp 9.500.000 guna membayar dana peralatan.

4. Universitas Gunadarma

Universitas Gunadarma
Source Image: homecare24.id

Universitas Gunadarma adalah salah satu PTS terbaik, berkualitas serta sudah mendapatkan akreditasi A dari BAN-PT. Perguruan tinggi di mana sudah berkembang pesat ini juga tersedia di berbagai lokasi mencakup Kampus A, B serta C di Jakarta Pusat. Sementara D, E, G dan H berada di Depok.

Tidak hanya itu, biaya kuliah di Gundar juga terbagi menjadi 3 jenis meliputi uang SKS, Sumbangan Pembangunan serta Penyelenggara Pendidikan. Setiap mahasiswa diharuskan membayar 3 komponen, di mana untuk menempuh jurusan fashion design sampai lulus di Universitas Gunadarma berkisar antara Rp 40.000.000 hingga Rp 50.000.000.

5. Universitas Pendidikan Indonesia

Universitas Pendidikan Indonesia 1
Source Image: www.detik.com

Jurusan tata busana Universitas Pendidikan Indonesia sampai saat ini masih mempertahankan nilai akreditasi A sejak beberapa tahun lalu. Di mana prodi tersebut bernaung di Fakultas Ilmu Pendidikan. Selain itu, tujuan bidang fashion design di UPI yakni mendidik mahasiswa supaya memiliki kompetensi bersaing pada aspek sesuai jurusannya.

Adapun ketentuan biaya kuliah di salah satu universitas fashion design terbaik di Indonesia ini meliputi UKT kelompok V sampai VIII jalur SNBP, SNBT serta jalur mandiri ialah Rp 4.520.000 hingga Rp 6.330.000 per semester.

6. Universitas Telkom

Universitas Telkom
Source Image: telkomuniversity.ac.id

Tidak hanya menetapkan komponen biaya pendidikan tata busana. Sebagai predikat universitas fashion design terbaik di Indonesia, Telkom menerapkan pendanaan kepada semua program studi meliputi UP3, SDP2 (Pembayaran hanya sekali saat pendaftaran termasuk jalur reguler dan USM) serta BPP per semester.

Untuk uraian biaya kuliah jurusan fashion design di Universitas Telkom ialah Rp 9.000.000 (UP3), SDP2 mahasiswa jalur umum Rp 5.000.000, jalur USM Rp 15.000.000 serta Rp 11.000.000 (BPP) per semester.

7. Universitas Negeri Malang

Universitas Negeri Malang
Source Image: um.ac.id

Jika ingin menjadi generasi kompetitif, cerdas, serta profesional di bidang fashion design atau tata busana. Universitas Negeri Malang bisa dijadikan opsi utama khususnya bagi para wali mahasiswa wilayah Jawa Timur. Pasalnya, PTN tersebut telah terakreditasi B dengan tenaga pendidik berpengalaman pada bidangnya.

Untuk program studi tata busana jenjang S1 di UM menetapkan biaya UKT kelompok I sampai VII. Di mana rentang nominalnya berada di Rp 1.000.000 sampai Rp 6.000.000. Sementara SPSA di kisaran Rp 4.800.000 – Rp 7.000.000.

8. Universitas Negeri Medan

Universitas Negeri Medan
Source Image: www.orami.co.id

Rekomendasi universitas fashion design terbaik di Indonesia selanjutnya adalah Unimed. Di mana perguruan tinggi ini menerapkan Uang Kuliah Tunggal bagi mahasiswa jalur SBMPTN. Ketentuan terkait UKT jurusan tata busana di PTN tersebut mulai dari kelompok 1 senilai Rp 500.000 sampai golongan 8 sebesar Rp 7.500.000.

Selain itu, calon mahasiswa jalur mandiri memiliki ketentuan UKT berbeda di mana mulai dari Rp 5.000.000 sampai dengan Rp 7.500.000. Sedangkan uang sumbangan pembangunan pada pendaftar nominalnya berkisar dari Rp 0 hingga Rp 40.000.000.

9. Universitas Sebelas Maret

Universitas Sebelas Maret
Source Image: uns.ac.id

Tak mau kalah, perguruan tinggi wilayah Jawa Tengah, lebih tepatnya Solo yakni Universitas Sebelas Maret juga masuk dalam daftar kampus jurusan fashion design terbaik di Indonesia. Di mana lingkungan kuliah di tempat tersebut memiliki suasana kondusif, teduh serta nyaman guna mendukung kesuksesan pembelajaran peserta didik.

Untuk masuk jurusan fashion design di Universitas Sebelas Maret terdapat beberapa komponen biaya mencakup UKT kelompok I senilai Rp 475.000 hingga Rp 12.725.000 bagi jalur SNMPTN. Sementara bagi mahasiswa jalur mandiri sebesar Rp 475.000 sampai Rp 21.815.000.

10. Institut Teknologi Bandung

Institut Teknologi Bandung
Source Image: www.kompas.com

Selain menjadi universitas pertambangan terbaik di Indonesia, ITB juga termasuk jajaran perguruan tinggi program fashion design, desain produk tekstil maupun mode. Prodi ini mencakup beragam aspek di dalam industri, konstruksi, manufaktur serta manajemen bisnis.

Lewat program tersebut, mahasiswa akan mengenal berbagai teknik serta keterampilan dalam hal fashion design atau design lain. Bahkan peserta didik juga berkesempatan belajar proses produksi serta pengembangan kewirausahaan lewat usaha tata busana.

Biaya kuliah di ITB menerapkan sistem UKT, di mana besaran nominal untuk dibayarkan oleh mahasiswa per semester berbeda-beda menyesuaikan penghasilan orang tua. Rincian tarif peserta didik jalur SNBP atau SNBT berkisar dari Rp 0 sampai Rp 12.500.000. Sementara siswa jalur mandiri sebesar Rp 1.000.000 hingga Rp 25.000.000 per semester.

Kesimpulan

Itulah beberapa rekomendasi universitas fashion design terbaik di Indonesia lengkap beserta komponen biaya untuk masuk menjadi mahasiswa perguruan tinggi ternama tersebut. Semoga informasi nesaelearning.com di atas bermanfaat serta menambah wawasan para remaja untuk tidak ragu memilih jenjang pendidikan lebih lanjut khususnya bidang tata busana.

Bagikan:

Adit Gunawan

Lulus S2 Bahasa Indonesia yang kini aktif mengajar sebagai dosen dan menulis berbagai informasi pendidikan serta profesi di website Nesaelearning.com.